Awas Kerupuk Warna Ngejreng!

by
AUDIENSI - BBPOM Semarang menggelar audiensi di Ruang Abirawa Pemkab Batang, Rabu (22/6/2022).

*Penggunaan Rhodamin Masih Banyak Ditemukan

BATANG – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang mengimbau masyarakat Kabupaten Batang untuk waspada terhadap peredaran makanan mengandung bahan kimia berbahaya, seperti Rhodamin B.

Kepala BBPOM Semarang, Sandra Maria Philomena Linthin mengatakan, bahwa banyak temuan kasus penggunaan Rhodamin B pada kerupuk di daerah. Tak terkecuali di Kabupaten Batang.

“35 kabupaten/kota di Jawa Tengah masuk wilayah pemeriksaan BBPOM Semarang karena banyaknya kasus Rhodamin B pada kerupuk yang terjadi, salah satunya di Kabupaten Batang,” terangnya usai kegiatan audiensi di Ruang Abirawa Pemkab Batang, Rabu (22/6/2022).

Ia mengatakan, adanya kerupuk mengandung Rhodamin B ini memang cukup meresahkan, karena masih bebas dijual di pasar-pasar tradisional. Rhodamin sendiri merupakan bahan pewarna yang digunakan dalam industri tekstil dan kertas, sehingga tidak baik untuk kesehatan.

“Kita berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Batang dalam langkah mewaspadai beredarnya kerupuk yang berbahan kimia ini. BPOM akan bekerjasama dengan Pemkab Batang untuk melakukan sosialisasi dan penyisiran terhadap makanan atau minuman mengandung bahan kimia berbahaya,” jelasnya.

Sandra juga mengimbau pada masyarakat untuk jeli terhadap makanan dan minuman yang akan dibeli. Masyarakat harus melakukan pengecekan pada warna makanan dan minuman yang terlalu mencolok.