32 PAUD Diedukasi Deteksi Dini dan Penanganan Stunting

by -
EDUKASI - Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya saat memberikan sambutan daam kegiatan edukasi deteksi dini dan penanganan stunting

KOTA – Sebanyak 32 lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) non formal di wilayah Kecamatan Pekalongan Selatan, mengikuti workshop deteksi dini dan penanganan stunting pada anak PAUD yang diadakan oleh pokja Bunda PAUD di aula Kantor Kecamatan Pekalongan Selatan, Selasa (21/6/2022).

Workshop tersebut dibuka oleh Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya. Ia mengapresiasi kegiatan yang menyasar tenaga pendidik PAUD yang sudah seharusnya memiliki bekal pengetahuan dan memahami betul ciri stunting sehingga deteksi dini dapat dilakukan sehingga penangganan dapat dilakukan lebih cepat.

Inggit menjelaskan dampak stunting untuk anak usia dini salah satunya kurang kuatnya anti bodi anak tersebut sehingga mudah sakit, kemampuan kognitif berkurang dan di usia selanjutnya akan beresiko terserang penyakit yang berhubungan dengan pola makan, fungsi tubuh yang tidak seimbang dan postur tubuh yang tidak maksimal saat dewasa.

Lebih lanjut Inggit menuturkan, batas penanganan stunting diusahakan tidak lewat dari usia 2 tahun. Namun jika sang anak yang terdeteksi stunting berusia sekitar 2 hingga 4 tahun, dengan adanya workshop ini anak tersebut bisa lebih cepat tertangani sehingga minimal dapat mengurangi efek pada waktu dewasa nanti.

“Memberikan pengetahuan yang lebih terkait stunting terutama untuk tenaga pendidik PAUD dan Bunda PAUD, yang nantinya sangat dekat dengan anak-anak PAUD, sebenarnya kalau dilihat dari usia stunting ini diusahakan tidak lewat dari 2 tahun sudah ditangani, jangan sampai terlambat, dengan ada workshop ini di PAUD usianya sudah 2 tahun sampai 4 jangan sampai parah lagi, jadi jika terdeteksi ada stunting bisa lebih cepat tertangani minimal ini mengurangi efek untuk kedepan pada waktu dewasanya nanti,” terang Inggit.