Rumah Damai Adhyaksa Diresmikan

by
DIRESMIKAN - Rumah Damai Adhyaksa Kota Pekalongan yang diinisiasi oleh Kejaksaan Negeri Pekalongan diresmikan, Senin (20/6/2022).

*Tempat Penyelesaian Pidana dengan Restorative Justice

KOTA – Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid meresmikan Rumah Damai Adhyaksa Kota Pekalongan yang diinisiasi oleh Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan, Senin (20/6/2022). Rumah Damai Adhyaksa ini berlokasi di Jalan Kurinci Nomor 2, Kelurahan Podosugih, Pekalongan Barat.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan untaian melati oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan, Sri Indarti, didampingi Wali kota Aaf, dan instansi terkait lainnya.

Wali Kota Aaf menyambut baik atas peresmian Rumah Damai Adhyaksa Kota Pekalongan ini, sebagai tindak lanjut dari surat dari Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan perihal Pembentukan Kampung Restorative Justice di Kota Pekalongan. Hal ini juga merupakan program atau perintah langsung dari Jaksa Agung untuk membentuk Kampung RJ di setiap daerah.

Menurutnya, keberadaan Rumah Damai Adhyaksa ini bisa memberikan keadilan bagi seluruh masyarakat Kota Pekalongan. Dimana masyarakat diajarkan untuk menyelesaikan setiap perkara secara kekeluargaan yang dinilai penting, demi memberikan rasa keadilan, baik bagi pelaku maupun korban.

“Tentu saja, ini bukan berarti dalam rangka melindungi pelaku kejahatan, tapi untuk keadilan bersama. Lihat dulu kasusnya. Kalau memang harus dihukum atas kasus yang besar, yang harus dihukum. Namun jika kasusnya ringan, bisa diselesaikan secara mufakat bersama tokoh masyarakat dan pihak terkait, tentu harapannya kasus yang dihadapi masyarakat bisa diselesaikan secara kekeluargaan,” tutur Aaf.