Waspadai Hujan Angin-Petir

by
BERSIHKAN POHON TUMBANG - Relawan saat membersihkan pohon tumbang yang melintang di jalan Kajen-Kesesi.

**Banyak Pohon Tumbang

KESESI – Kabupaten Pekalongan beberapa hari terakhir ini dilanda hujan disertai angin kencang dan petir. Sedikitnya terjangan angin kencang sudah terjadi di lima desa.

Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan mengimbau masyarakat agar tetap waspada apabila turun hujan deras disertai angin kencang. Apabila terjadi pohon tumbang di jalan bisa memberi tahu BPBD atau aparat desa dan kecamatan. Agar bisa segera ditangani.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo, Senin (20/6/2022), mengatakan, hujan disertai angin kencang dalam beberapa hari terakhir terjadi di Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan data di BPBD, kejadian angin kencang dan pohon tumbang pekan lalu terjadi di beberapa desa di Kecamatan Kesesi, Kajen dan Sragi. Yakni di Desa Karangrejo, Kecamatan Kesesi, tujuh pohon tumbang, lima tiang listrik terdampak di Desa Kwasen, Kecamatan Kesesi, dan rumah milik Suhenti di Desa Windurojo, Kecamatan Kesesi tertimpa pohon tumbang.

“12 rumah di Desa Tambakroto, Kecamatan Kajen, tertimpa pohon, dan rumah milik Sabar di Desa Tegalontar, Kecamatan Sragi juga tertimpa pohon tumbang,” terang Budi.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspadai hujan disertai angin kencang. Pasalnya, pohon rawan tumbang.

Sementara itu, relawan PMI Kabupaten Pekalongan M Rofik Maulana, menambahkan, pada Kamis (15/6/2022) lalu, di sepanjang Jalan Raya Kesesi – Kajen ada pohon tumbang di tujuh titik. Arus lalu lintas saat itu sempat terhambat selama 3 jam. Satu pohon bahkan menimpa bengkel Doyok Servis Karangrejo. (had)