PPDB Online, Ratusan Ortu Tetap ke Sekolah

by
DAFTAR - CPD didampingi Orang tua saat mendaftarkan diri ke SMPN 1 Batang.

BATANG – PPDB SMP Kabupaten Batang resmi dibuka, Senin (20/6/2022). Meski pendaftaran menggunakan sistem daring, banyak calon peserta didik (CPD) dan wali murid memilih untuk secara langsung ke sekolah.

Hal ini seperti terpantau di SMPN 1 Batang, di mana ratusan wali murid dan CPD menunggu giliran pendaftaran. SMPN 1 Batang sendiri menyiapkan tiga ruangan dan menyiagakan lebih dari 14 personil petugas PPDB.

Jadi setiap ruangan ada 4 personil dengan dua meja pendaftaran. Kami siapkan tiga ruangan, dua ruangan untuk jalur zonasi dan satu ruangan untuk jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua,” jelas Ketua Panitia PPDB SMPN 1 Batang, Santinah.

Untuk tahun ini, pihaknya membuka 6 rombel dengan total kuota 192 siswa. Di mana 60 persennya menggunakan jalur zonasi atau kuota 115 siswa. Jalur afirmasi dengan presentase 15 persen atau 29 siswa. Jalur prestasi dengan presentasi 20 persen atau 38 siswa. Serta jalur perpindahan orang tua dengan presentase 5 persen atau 10 siswa.

“Karena regulasi PPDB tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, orang tua jadi lebih paham. Tidak terlalu ada kendala. Hanya saja memang banyak yang ke sekolah karena mungkin di rumah belum ada fasilitas pendukung. Selain itu di sekolah kami juga siapkan help desk untuk mendukung informasi PPDB,” pungkas Santinah.