Komisi IV DPRD Kabupaten Pekalongan Tanyakan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Tahun Ajaran Baru

by

WONOPRINGGO – Komisi IV DPRD Kabupaten Pekalongan melakukan Kunjungan Kerja dalam daerah dalam rangka dengar pendapat dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan di SMP N 1 Wonopringgo, Kamis (16/6/2022).

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pekalongan Abdul Munir menanyakan terkait implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran baru di Kabupaten Pekalongan.

“Saya mau menanyakan, apakah Sekolah di Kabupaten Pekalongan sudah siap menerapkan kurikulum merdeka?, ” tanyanya.

Kemudian apakah para guru sudah diberikan pelatihan untuk menyongsong implementasi kurikulun merdeka ini.

“Dinas Pendidikan tentunya harus menyiapkan SDM nya untuk implementasi kurikulum merdeka. Peningkatan guru harus dilakukan karena titiknya pada ada guru,” tukasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Edy Harijanto menyampaikan bahwa untuk kurikulum merdeka nantinya akan dilakukan secara menyeluruh pada tahun ajaran 2023/2024.

“Jadi, ada sekitar 1 tahun untuk bisa mencoba menerapkan kurikulum merdeka. Walaupun ada sekolah yang bisa menggunakan kurikulum 13, tetapi sebanyak 95% sekolah akan mencoba menggunakan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2022/2023,” tetangnya.

Edy juga menambahkan bahwa pada Tanggal 20 Juni 2022 akan dilakukan sosialisasi kurikulum merdeka kepada seluruh guru melalui MKKS, MGMP dan KKG.

“Alasan dilakukan sosialisasi tersebut agar kedepan guru bisa menerapkan kurikulum merdeka secara baik,” jelasnya.

Dengan apa yang sudah dipersiapkan dan direncanakan tersebut, mudah-mudah rencana makro Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bisa membantu pendidikan di Kabupaten Pekalingan dan disesuaikan dengan Visi Misi Bupati Pekalongan.