102.460 Ekor Bibit Ikan Ditebar di Perairan Umum

by
TEBAR BENIH - Guna kembalikan ekosistem dan biota perairan umum sungai dan danau, melalui program restocking, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal tebar 102.460 ekor bibit ikan.

*Pulihkan Ekosistem dan Biota Perairan

KENDAL – Untuk mengembalikan ekosistem dan biota perairan umum sungai dan danau di wilayah Kabupaten Kendal, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal melalui program restocking bakal menyebar 102.460 ekor bibit ikan di 12 lokasi perairan umum. Jumlah tersebut terdiri dari ikan tawes, nilem, dan karper. Sebanyak 35.000 ekor di antaranya sudah ditebar di perairan umum di Kecamatan Plantungan dan Sukorejo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, penyebaran 12 lokasi perairan umum itu yakni di Desa Tirtomulyo dan Mojoagung Kecamatan Plantungan, Desa Kalipakis dan Kebumen Kecamatan Sukorejo, Desa Gedong, Kalices, dan Sidodadi Kecamatan Patean, Desa Sriwulan Kecamatan Limbangan, Desa Bebengan Kecamatan Boja, Desa Tunggulsari Kecamatan Brangsong, Desa Cempokomulyo Kecamatan Gemuh, dan Kelurahan Kalibuntuwetan Kecamatan Kendal.

“Program restocking tahap pertama dengan menebar 17.000 ekor bibit ikan sudah dilakukan pada 7 Juni di Desa Tirtomulyo dan Mojoagung Kecamatan Plantungan. Sedangkan tahap dua, sebanyak 18.000 ekor bibit ikan ditebar di perairan wilayah Desa Kalipakis dan Kebumen Kecamatan Sukorejo,” katanya, kemarin.

Hudi mengungkapkan, program restocking dilakukan atas semboyan “Di mana ada air di situ harus ada ikan”. Nantinya, ikan yang sudah besar boleh diambil dengan alat tangkap yang ramah lingkungan oleh masyarakat sekitar, namun tidak boleh disetrum atau diobat.

Adapun total ikan dalam program restocking tahun ini ada 102.460 ekor. Meliputi, ikan karper 30.000 ekor, nilem 35.000 ekor, dan tawes 37.460 ekor.