Tahapan Pemilu 2024 Resmi Dimulai

oleh -
DIMULAI - KPU Kabupaten Pekalongan, Rabu (14/06/2022) malam menggelar nonton bareng Peluncuran Tahapan Pemilu Tahun 2024.

KAJEN – Paska ditetapkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2022, KPU Kabupaten Pekalongan, Rabu (14/06/2022) malam, menggelar acara nonton bareng peluncuran tahapan Pemilu Tahun 2024 sebagai tanda dimulainya tahapan Pemilu. Acara nobar ini diselenggarakan di aula KPU Kabupaten Pekalongan Jl Mandurorejo Kajen dan dihadiri dari unsur Bawaslu, Forkompim, Partai Politik, media dan tamu undangan.

Ketua KPU Pekalongan, Abi Rizal, manyatakan, pihaknya siap untuk mengikuti rangkaian pemilihan umum di Kabupaten Pekalongan. KPU Kabupaten Pekalongan juga sudah mulai melakukan sosialisasi termasuk mempersiapkan SDM untuk dilakukan pelatihan dan pendataan terhadap pemilih berkelanjuttan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dengan dimulainya tahapan pemilu 2024 tadi malam, artinya bila dihitung mundur adalah dua puluh bulan yang akan datang rakyat Indonesia akan melakukan pesta demokrasi secara serentak dan terbesar sepanjang sejarah pelaksanaan pemilu di tanah air.

Dengan dimulainya tahapan ini, langkah KPU Kabupaten Pekalongan sendiri, menurut Abi Rizal, dalam waktu dekat pihaknya akan menjalin komunikasi dengan semua pihak dari forkopimda dan juga elemen masyarakat, sosialisasi terhadap partai politik, sehingga masyarakat tahu bahwa tanggal 14 Februari 2024 diadakan pemilu serentak.

Selain itu agenda terdekat dalam tahapan pemilu saat ini adalah pendaftaran partai politik pada 1 – 7 Agustus 2022. Partai-partai baru, partai yang memiliki kursi atau tidak di parlemen semuanya harus didaftarkan ke KPU.

“Walaupun pendaftarannya nanti di pusatkan di KPU RI, sedangkan kami (KPU Kota/Kabupaten) hanya menerima salinan hasil pendaftaran dari KPU RI,”jelas Abi.