SDN Proyonanggan 3 Syukuran Kelulusan Sembari Kenalkan Budaya Tradisional

by
SDN Proyonanggan 03 Batang saat menggelar pawai kelulusan untuk siswa kelas 6, Rabu (15/6/2022). Novia Rachmawati

BATANG – SDN Proyonanggan 03 Batang merayakan kelulusan siswa kelas 6 dengan cara berbeda. Dimana kegiatan ini diawali dengan pawai keliling dengan menggunakan baju adat tradisional.

Tampak para siswa mengenakan beskap dan juga blangkon. Sementara untuk perempuan mengenakan kebaya dan beberapa diantaranya mengenakan baju muslimah.

Tak hanya sekadar merayakan kelulusan, SDN Proyonanggan 03 Batang berharap kegiatan ini juga bisa menumbuhkan kecintaan anak pada budaya lokal. Termasuk salah satunya menggunakan pakaian adat.

“Kami ajak mereka untuk memakai pakaian adat. Kami keliling dengan jalan santai ke sekitar lingkungan sekolah. Kami harap bisa menumbuhkan kecintaan mereka terhadap baju adat dan tradisi. Sekaligus juga mengajak mereka untuk nguri-nguri budaya lokal,” ujar Kepala SDN Proyonanggan 03, Esti Yuni P saat diwawancarai, Rabu (15/6/2022).

Setelah pawai, siswa mengikuti pengumuman kelulusan dan juga kegiatan syukuran bersama wali murid. Tahun ini SDN Proyonanggan 03 Batang meluluskan 32 murid.

“Kami berharap nantinya siswa kami bisa menjadi siswa yang punya nilai plus. Tak hanya di bidang akademik saja tetapi non akademiknya. Dan mau sekolah dimana saja, kami harap mereka bisa sukses melanjutkan pendidikan mereka hingga jenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya. (nov)