Wajib Tahu, Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Pesawat

by

Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat. Banyak keunggulan atau kelebihan yang akan dirasakan penumpang yang memilih menggunakan moda transportasi udara ini. Salah satu contoh nyatanya adalah lebih cepat dari transportasi lain. Untuk menuju kota Surabaya dengan bus atau kereta, Anda harus menghabiskan waktu selama kurang lebih 10 jam di perjalanan. Akan tetapi, jika Anda menggunakan pesawat sebagai alat transportasi, maka hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Tidak hanya itu, pesawat juga transportasi yang paling efektif digunakan untuk bepergian ke tempat yang sangat jauh.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa maskapai pesawat yang kerap kali menemani perjalanan masyarakat. Salah satunya adalah Citilink, maskapai penerbangan yang berdiri sejak tahun 2001 ini dikenal sebagai maskapai yang menawarkan tarif rendah. Meskipun begitu, Citilink merupakan pesawat bertarif rendah terbaik yang ada di Indonesia. Ini adalah solusi bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan cepat menggunakan pesawat, tetapi tetap tidak ingin mengeluarkan biaya yang berlebihan. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir terkait kualitas pelayanan yang diberikan. Sebab, semua protokol keselamatan dan kesehatan tetap akan dilakukan sebaik mungkin di setiap maskapai penerbangan.

Sebagai seorang penumpang yang baik, tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membantu memperlancar perjalanan di transportasi umum. Salah satunya adalah menaati peraturan yang ada. Pada moda transportasi udara ini, para penumpang dilarang melakukan hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu perjalanan. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dan harus dilakukan oleh seorang penumpang pesawat terbang.

  1. Menyalakan Perangkat Elektronik di Dalam Pesawat

Hal yang sangat penting dan harus dilakukan adalah menyalakan perangkat elektronik saat berada di kabin pesawat. Para penumpang pesawat dilarang menyalakan semua alat-alat elektronik yang dapat memancarkan gelombang radio. Sebab, gelombang radio yang dipancarkan dari alat elektronik akan mengganggu sistem komunikasi di pesawat.

Hal ini harus ditaati oleh semua penumpang untuk menjaga keselamatan pesawat yang terbang tersebut. Pesawat akan terbang pada ketinggian lebih dari 10.000 kaki, lalu ponsel yang menyala akan memantulkan sinyal dari beberapa operator seluler yang dilewati pesawat tersebut sehingga dapat mengirimkan sinyal yang jauh lebih kuat. Apabila hal ini dilanggar, para penumpang akan mendapatkan sanksi yang sudah diatur.

  1. Aturan untuk Kursi Penumpang

Salah satu hal penting yang harus ditaati oleh penumpang adalah terkait aturan kursinya. Para penumpang pesawat diwajibkan menaikkan sandaran kursi dan melipat meja, ketika pesawat akan take off dan saat pesawat sedang landing. Hal tersebut dilakukan supaya memudahkan proses evakuasi, jika nantinya ada kendala yang tidak diinginkan.

Selain itu, para penumpang juga wajib untuk menggunakan sabuk pengaman yang tersedia di kursi. Hal ini dilakukan untuk menghindari terbenturnya badan ketika pesawat mengalami sebuah guncangan.

Sebagai sesama penumpang, hendaknya para penumpang dapat menghormati hak serta kenyamanan penumpang lainnya, agar proses perjalanan menggunakan pesawat terasa nyaman tanpa adanya hambatan.

  1. Dilarang Menutup Jendela Kabin Pesawat

Peraturan yang satu ini telah disepakati oleh semua maskapai penerbangan di Indonesia. Para penumpang dilarang menutup jendela kabin pesawat ketika pesawat akan landing dan take off. Hal ini dilakukan supaya penumpang dan pramugari dapat melihat kondisi di sekitar.

Jika ada hal-hal yang bermasalah atau tidak diinginkan, maka seluruh penumpang dapat bertindak dengan cepat. Proses evakuasi diri juga dapat dilakukan dengan cepat.

  1. Dilarang Membawa Benda dengan Kandungan Gas

Seluruh penumpang pesawat tidak diperbolehkan untuk membawa benda yang memiliki kandungan gas di dalamnya. Contohnya seperti pilox atau cat semprot, tabung aerosol, dan benda-benda lainnya. Sebab, terdapat tekanan-tekanan tertentu pada gas dapat memicu terjadinya sebuah ledakan.

Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi keselamatan seluruh isi pesawat. Oleh sebab itu, hindarilah pembawaan benda yang terdapat kandungan gas di dalamnya.

  1. Dilarang Membawa Benda Tajam

Benda-benda tajam dengan berbagai bentuk dan jenis tidak boleh masuk ke dalam kabin pesawat. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah yang bisa membahayakan keselamatan semua isi pesawat. Aturan terhadap larangan pembawaan benda tajam ini diberlakukan cukup ketat pada setiap maskapai penerbangan.

Barang-barang kecil yang biasa digunakan sehari-hari seperti gunting, silet, gunting kuku, pisau, dan lain-lain akan langsung disita oleh para petugas ketika pemeriksaan keamanan di bandara.

  1. Dilarang Membawa Senjata Tajam

Para penumpang warga sipil dilarang keras membawa senjata tajam ke dalam kabin pesawat. Hal ini tentu dapat membahayakan keselamatan penumpang lainnya. Selain itu, warga sipil juga membutuhkan izin khusus jika ingin membawa sebuah senjata.

Selain itu, terdapat aturan juga terkait larangan membawa bahan-bahan peledak, bahan yang mudah terbakar, dan bahan kimia di dalam pesawat. Seluruh maskapai penerbangan secara tegas melarang pengangkutan senjata seperti pistol, bahan radioaktif, dan bahan peledak. Hal ini dilarang baik di dalam kabin maupun di dalam bagasi ketika Anda melakukan check in.

Itulah kumpulan beberapa hal yang dilarang dilakukan oleh para penumpang pesawat. Apabila Anda berencana untuk membeli sebuah tiket pesawat, jangan lupa untuk cek Traveloka untuk nikmati diskon dan promo menarik yang Traveloka tawarkan!