Delapan Stan Kecamatan di BTP Pilih Tutup

by
SEPI - Kondisi Batang Teras Pandawa terlihat sepi lantaran stan UMKM Kecamatan yang berada di depan kosong

*Karena Keterbatasan SDM

BATANG – Batang Teras Pandawa (BTP) digadang-gadang bakal jadi pusat oleh-oleh di Kabupaten Batang. Meski begitu, kondisinya beberapa waktu terakhir justru cukup memprihatinkan. Pusat UMKM ini terpantau sepi aktivitas dan kunjungan.

Kondisi BTP yang nampak sepi ini lantaran banyaknya stan UMKM kecamatan yang memilih tutup. Terlebih letak stan kecamatan ini berada di area depan BTP. Padahal jika dijelajahi ke area dalam, banyak pengunjung yang memenuhi area food court.

Direktur BTP, Farry Astuti, mengakui bahwa tutupnya stan kecamatan sempat berdampak. Apalagi, posisi tenant berada di bagian terdepan. Total, ada delapan stan kecamatan UMKM yang memilih tutup.

“Jadi kelihatan sepi dan kesannya tutup. Padahal stan bagian belakang (kuliner) buka dan ramai,” katanya saat ditemui di kantornya baru-baru ini.

Dikatakannya, awal dibuka pada Maret 2022, pihaknya menyediakan 30 stan untuk kecamatan. Pada sebulan dan dua bulan awal masih lancar. Kemudian sejumlah kecamatan mengalami kesulitan mencari sumber daya manusia (SDM) yang jaga. Sehingga mulai tutup, dan berpengaruh pada tingkat kunjungan. “Akhirnya kami berkomunikasi dengan pihak kecamatan dan sebagian buka dan sebagian dikembalikan manajemen,” katanya.