Apresiasi Siswa dengan Gelar Karya

by
TINJAU - Kepala Dindik Kota Pekalongan ditemani Kepala SMPN 14 Pekalongan meninjau stand karya siswa.

*SMPN 14 Pekalongan

KOTA – SMPN 14 Pekalongan melakukan apresiasi kepada siswa atas apa yang telah mereka kerjakan selama satu tahun dengan menggunakan kurikulum merdeka. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam kegiatan gelar karya yang menampilkan seluruh projek kelas 7 yang menjalani kurikulum merdeka.

Dijelaskannya Kepala SMPN 14 Pekalongan Siti Nurul Izzah bahwa gelar karya ini merupakan penguatan projek pelajar pancasila yang menjadi salah satu dari kegiatan pada kurikulm merdeka. Sehingga dalam kurikulum merdeka itu pembelajarannya menggunakan pembelajaran paradigma baru dan dilakukan dengan intra kurikuler dan co kulikuler.

“Nah untuk co kurikuler nya ini dilaksanakan dengan penguatan pelajar pancasila yang tujuan salah satunya untuk menguatkan karakter projek pelajar Pancasila, dimana ternyata di kurikulum merdeka ini sangat mengasyikkan. Mereka tidak hanya belajar konten materi saja tapi bagaiaman mereka mengerjakan proyek,” ungkap Izzah.

Dalam projek tersebut, SMPN 14 Pekalongan menentukan 3 tema yaitu tema 1 tentang kearifan lokal dimana tema projek ini anak-anak melakukan hafalan juz Amma atau juz 30. Hal tersebut sebagai sarana untuk menguatkan salah satu dimensi profil pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia serta meningkatkan kemandirian.

“SMPN 14 Pekalongan ini terletak di daerah yang sangat relegius, maka kami mengambil hafalan juz 30 ini untuk bidang kearifan lokal. Hafalan ini juga terbukti mampu meningkatkan kemandirian siswa karena mereka dilatih untuk mengatur waktu dengan baik untuk setor hafalan dan mempersiapkan selesai selama satu tahun,” imbuhnya.