Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

by

Asuransi mobil merupakan asuransi yang memberikan jaminan berupa ganti rugi atas kerusakan dan atau kerugian pada mobil. Misal, mobil Anda tertabrak, tergelincir. terperosok, atau terbakar maka biaya untuk mengganti kerusakan tersebut.

Perlu untuk Anda ketahui, asuransi mobil itu tidak hanya konvensional saja tetapi ada juga asuransi mobil yang khusus dikelola dengan sistem syariah. Baik itu asuransi mobil konvensional maupun syariah biasanya sama-sama memiliki premi dan bengkel rekanan.

Yang membedakan antara asuransi mobil syariah dengan asuransi mobil konvensional yaitu dari prinsip transaksinya. Tidak seperti asuransi mobil konvensional yang mengambil keuntungan, asuransi mobil syariah menggunakan prinsip ta’awun atau tolong menolong.

Pengelolaan asuransi ini tidak boleh melanggar aturan Islam dan pengelolaannya juga diawasi secara langsung oleh Dewan Pengawas Syariah.

Artikel ini akan membahas asuransi syariah, termasuk asuransi mobilnya. Jika Anda ingin mengetahui informasi lainnya tentang perusahaan asuransi syariah, termasuk harga asuransi mobil All Risk dapat membacanya lebih lanjut di Duitpintar.com.

Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Tentu saja Anda tidak bisa asal-asalan dalam memilih asuransi kendaraan syariah. Karena di luaran sana sangat banyak perusahaan asuransi abal-abal yang tidak jelas.

Berikut ini kami berikan beberapa tips penting dalam memilih asuransi kendaraan berbasis syariah supaya Anda tidak salah pilih.

Diawasi Oleh Dewan Pengawas Syariah dan Otoritas Jasa Keuangan.

Perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi syariah wajib untuk diawasi oleh DPS atau Dewan Pengawas Syariah.

Dewan Pengawas Syariah sendiri merupakan lembaga resmi yang mengawasi lembaga keuangan syariah, termasuk perusahaan yang mengelola asuransi berbasis syariah.

Besaran Premi

Premi merupakan iuran yang harus dibayarkan nasabah secara rutin selama masa perlindungan asuransi berlangsung. Sebenarnya, sudah ada aturan tentang besaran premi untuk asuransi kendaraan.

Akan tetapi, setiap perusahaan pasti preminya berbeda-beda karena menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Misalnya perusahaan A memberikan manfaat tambahan berupa uang santunan, tentu saja tarif preminya sedikit lebih mahal dari perusahaan yang tidak memiliki manfaat tambahan.

Anda harus memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan pilih yang terlalu mahal supaya tidak perlu mengeluarkan uang yang sangat banyak.

Memilih Tipe Perlindungan yang Sesuai

Sama halnya seperti asuransi konvensional, pada asuransi syariah untuk asuransi mobil ada dua tipe perlindungan yaitu Total Loss Only dan all risk. Asuransi total loss only hanya memberikan perlindungan jika mobil rusak minimal 75%, sementara itu asuransi all risk memberikan perlindungan terhadap kendaraan yang rusak ringan maupun rusak parah.

Manfaat asuransi all risk yang lebih banyak membuat preminya menjadi lebih mahal. Tapi jangan hanya melihat dari tarifnya, saja lihat juga bagaimana kondisi kerusakan pada mobil Anda supaya bisa memilih tipe perlindungan yang tepat.

Misalnya, mobil hanya rusak kacanya saja atau bumpernya saja maka hanya bisa diklaim dengan asuransi all risk. Tidak bisa diklaim dengan asuransi TLO atau Total Loss Only.

Dikelola Sesuai Syariat

Tips memilih asuransi mobil syariah selanjutnya adalah memastikan jika perusahaan benar-benar mengelola asuransi sesuai dengan syariat Islam. Anda harus memastikan jika dana tabarru tidak disalahgunakan oleh perusahaan asuransi.

Untuk diketahui, dana tabarru’ adalah uang yang dikumpulkan dan akan dimanfaatkan berdasarkan prinsip tolong-menolong.

Memiliki Bengkel Rekanan yang Luas

Salah satu alasan mengapa Anda harus memilih perusahaan asuransi mobil yang memiliki banyak bengkel rekanan supaya prosesnya menjadi lebih cepat. Bila perlu, pilih perusahaan yang bekerja sama dengan bengkel yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Dengan begitu mobil Anda tidak perlu dibawa ke tempat yang sangat jauh sehingga membuat prosesnya menjadi lebih lama.

Tak hanya itu saja, pastikan juga bengkel tersebut benar-benar bengkel resmi bukan bengkel abal-abal. Bengkel resmi biasanya memberikan garansi dan hanya menyediakan suku cadang asli dalam memperbaiki mobil Anda yang rusak.

Mengetahui Hak dan Kewajiban

Sebagai nasabah, Anda harus tau apa saja hak dan kewajiban dalam memiliki asuransi mobil syariah. Sebab, masing-masing perusahaan asuransi punya kebijakan dan ketentuan yang berbeda-beda.

Hak dan kewajiban nasabah tercantum di polis asuransi. Anda harus membacanya terlebih dahulu, jangan langsung tanda tangan.

Itulah dia penjelasan lengkap tips memilih asuransi mobil syariah. Semoga bermanfaat, khususnya bagi Anda yang ingin memiliki asuransi sesuai syariat Islam!