Bawaslu Batang Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu

by
Bawaslu Batang saat mengikuti kegiatan launching Pendaftaran Pemantau Pemilu yang digelar Bawaslu RI. istimewa

BATANG – Bawaslu Batang secara resmi membuka pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 serentak bersama daerah lain se Indonesia, Jumat (10/6/2022). Bawaslu Batang pun menunggu partisipasi masyarakat untuk menjadi pemantau Pemilu 2024 hingga H-7 pelaksanaan pemungutan suara.

“Kami tunggu partisipasi masyarakat untuk bersama mengawasi Pemilu 2024. Salah satunya melalui program Pemantau Pemilu. Di Pemilu sebelumnya Forkombi Batang juga turut serta memantau Pemilu. Kami harapkan di periode kali ini banyak pihak yang terlibat,” ujar Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur saat diwawancarai, Sabtu (11/6/2022).

Pembukaan pendaftaran pemantau Pemilu ini ditandai dengan peluncuran Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024. Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 juga akan menjadi sarana yang melayani pemantau Pemilu 2024 dalam melaksanakan tugas pemantauan pemilu, terutama yang berhubungan dengan Bawaslu seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 penting untuk mempermudah komunikasi antara Bawaslu dengan pemantau pemilu yang merupakan mitra kerja strategis Bawaslu. Dengan adanya meja Layanan, Bawaslu juga bermaksud membuka akses keterlibatan masyarakat seluas-luasnya dalam memantau proses tahapan Pemilu 2024,” imbuh Mahbrur.

Dikatakannya, pada pengawasan tahapan Pemilu 2024, Bawaslu berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemantauan pemilu. Komitmen tersebut dibuktikan Bawaslu dengan memfasilitasi individu yang terpanggil memantau pemilu untuk dapat bergabung dengan lembaga pemantau berbadan hukum.

“Ini jadi cara kami untuk mewadahi kader pengawas partisipatif dalam mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya dalam pemantauan pemilu. Lebih jauh, itu juga untuk membuka sebesar-besarnya partisipasi masyarakat dalam mengawasi perhelatan demokrasi,” bebernya.

Meja Layanan Pemantau Pemilu merupakan sumber daya bagi Bawaslu untuk memberi informasi, dukungan, dan layanan pendaftaran organisasi dan perseorangan untuk mendapatkan akreditasi atau legalitas sebagai pemantau pemilu.

Selain itu, meja layanan itu juga menjadi wadah bagi Bawaslu untuk berkomunikasi dengan pemantau pemilu dalam melaksanakan tugas pemantauan pemilu, termasuk juga melaporkan hasil pemantauannya.

“Kami berharap Meja Layanan Pemantau Pemilu itu dapat meningkatkan partisipasi dalam pemantauan pemilu, baik dalam jumlah lembaga dan perseorangan yang terakreditasi, maupun dalam hal aktivitas dan fokus pemantauannya,” pungkasnya. (nov)