Harapkan Support Digitalisasi Perpustakaan

by
Bunda literasi Kota Pekalongan bersama Kepala SDN Kradenan 01 dan siswa meninjau lokasi pojok baca.

Dari roadshow bunda literasi ini, menjadi memontum bagi sekolah untuk kembali memberikan motivasi bagi siswa untuk meningkatkan minat baca serta memotivasi para guru juga untuk terus memberikan pelayanan terbaik.

“Tujuan roadshow bunda literasi ini kan membiasakan budaya membaca dilingkungan anak-anak, memotivasi anak-anak utk membaca, jadi mereka akan memiliki banyak pengetahuan, kreativitas tinggi, dan wawasan luas untuk bekal hidup mereka kelak,” ujar Walinah.

Ia menuturkan, pasca pandemi ini minat baca siswa-siswi SDN Kradenan 01 cukup tinggi, setiap hari pasti ada yang berkunjung ke perpustakaan untuk meminjam atau membaca buku ditempat.

Sementara itu, ada juga beberapa program dari SDN Kradenan 01 untuk meningkatkan minat baca siswa diantaranya adalah jadwal kunjungan perpustakaan, pembiasaan membaca sebelum KBM, posterisasi sekolah dalam arti anak-anak membuat poster-poster anti bullying narkoba dan lain sebagainya, terdapat juga pojok baca serta taman baca sehingga saat mereka istirihat tidak hanya bermain saja dan juga pemberdayaan Mading hasil karya siswa.

“Kami berharap, kegiatan bunda literasi ini bisa memotivasi anak-anak untuk meningkatkan minat baca, sehingga konsepnya belajar nanti itu bukan paksaan tapi sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan diri, serta mengacu visi pendidikan nasional yaitu mewujudkan generasi pembelajar sepanjang hayat,” terbangnya.