Harapkan Support Digitalisasi Perpustakaan

by
Bunda literasi Kota Pekalongan bersama Kepala SDN Kradenan 01 dan siswa meninjau lokasi pojok baca.

KOTA – SDN Kradenan 01 mengharapakan support digitalisasi perpustakaan pada bunda literasi Kota Pekalongan saat kegiatan roadshow bunda literasi yang bertandang di SDN Kradenan 01, Rabu (8/6/2022) lalu. Disampaikan Kepala SDN Kradenan 01 Walinah SPd, bahwa digitalisasi perpustakaan ini dibutuhkan dalam pemenuhan instrument sekolah penggerak yang saat ini menjadi projek SDN Kradenan 01.

“Ini moment yang tepat kami rasa. Saat ini kami memang membutuhkan support digitalisasi perpustakaan karena itu merupakan salah satu yang harus dipenuhi untuk menjadi sekolah penggerak,” ungkap Walinah.

Saat ini ia mengaku, sekolah sudah memiliki koleksi buku digital sebanyak 450 eksemplar yang dibeli melalui penerbit dan ribuan buku cetak dalam upaya mendukung meningkatkan minat baca siswa serta projek sekolah penggerak.

“Kita beli sampai harga 4 jutaan itu untuk buku sebanyak 450 eksemplar. Namun karena keterbatasan belum ada digitalisasi perpustakaan jadi siswa hanya mengakses melalui room book yang sekolah dapat dari Pemerintah sebanyak 15 room, jadi sementara bergantian,” imbuhnya.

Menurutnya, jika digitalisasi perpustakaan ini sudah bisa dilakukan maka pelaksanaan digitalisasi literasi lebih mudah karena siswa bisa mengakses buku melalui smartphone masing-masing bahkan juga bisa dilakukan di rumah sehingga progres meningkatkan baca siswa bisa lebih optimal.