Volume Sampah Melonjak Drastis

by -
A Handy Hakim, Kepala DLH Batang

*DLH Wacanakan Pengembang Bangun TPS

BATANG – Volume sampah dalam dua tahun terakhir mengalami lonjakan drastis di Kabupaten Batang. Kondisi tersebut membutuhkan keterlibatan semua pihak dalam ikut meminimalisir potensi kesemrawutan sampah, mengingat Batang tengah bermetamorfosa menjadi kota besar karena adanya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Kepala DLH Kabupaten Batang, A Handy Hakim mengatakan, lonjakan tonase sampah di Kabupaten Batang mengalami peningkatan cukup signifikan setiap tahunnya. Berdasarkan catatan DLH Batang, pada tahun 2019 volume sampah harian di TPA Randukuning hanya berkisar 250 ton.

Sementara tahun 2020 yang masuk ke TPA Randukuning rata-rata 400 ton dan 2021 sudah mencapai hingga 500 ton per harinya. Mayoritas sampah berasal dari produksi rumah tangga. TPA Randukuning sendiri memiliki luas lahan 2,5 hektar dan saat ini kondisinya sudah overload.

JAM BUANG SAMPAH
Untuk meminimalisir kesemrawutan sampah Kota Batang, saat ini DLH mulai menerapkan pemberlakuan jam pembuangan sampah di tempat penampungan sementara (TPS).

Larangan membuang sampah itu ada pada pagi hingga sore hari, mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sementara untuk diperbolehkannya membuang sampah itu dimulai dari pukul 18.00 WIB sampai 08.00 WIB.