Banyak Dimanfaatkan Pedagang, Pedestrian Bakal Ditata

by
SOSIALISASI - Personil gabungan dari Pemkab Batang melakukan sosialisasi penertiban PKL yang ada di sepanjang Jalan Yos Sudarso Kota Batang.

*Pemkab Mulai Sosialisasi ke PKL

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang melakukan penataan jalur pedestrian yang ada di sepanjang Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Batang. Jalur yang sebenarnya diperuntukkan bagi para pejalan kaki itu selama ini banyak dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima (PKL) untuk menggelar lapak dagangannya.

Penertiban PKL dilakukan secara persuasif oleh petugas dari Dinas PUPR, Satpol PP, Disperindagkop, dan Kelurahan Proyonanggan Utara, Senin (6/6/2022).

“Kami Pemerintah Daerah ingin membenahi dan mengembalikan fungsi trotoar di sepanjang Jalan Yos Sudarso Kota Batang. Oleh karenan itu, kami melakukan komunikasi secara baik pada para PKL ini agar tidak terjadi masalah,” ujar Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, DPUPR Kabupaten Batang, Endro Suryo.

Dijelaskanya, penertiban PKL ini sesuai dengan regulasi Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan, dan Peraturan Menteri PU nomor 20 tahun 2010 yang mengamanatkan semua bangunan yang di ruang milik jalan harus bersih. “Bangunan di ruang milik jalan harus bersih. Kalau toh ada, harus seizin Dinas PU PR,” katanya.

Ia menerangkan, bahwa pedestrian yang seharusnya digunakan pejalan kaki sudah banyak beralih fungsi menjadi warung dan lainnya. “Bisa dilihat secara visual ruang milik jalan, khususnya pendestrian di atas saluran sungai maupun drinase banyak menjadi tempat bengkel, warung bakso, warung sayuran dan lainnya,” ungkapnya.