Pengurus RT-RW Se Kecamatan Siwalan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

by -
RAPAT KOORDINASI - BPJAMSOSTEK Cabang Pekalongan menggelar sosialisasi dan rapat koordinasi bersama pengurus RT dan RW se Kecamatan Siwalan. Istimewa

PEKALONGAN – Sebanyak 369 pengurus RT dan RW se Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan setelah terdaftar mulai Juni 2022. Para pengurus dari 97 RW dan 272 RT tersebut akan terlindungi dua progam yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM) dengan membayar iuran Rp12.000 per bulan per orang.

Kesepatakan pendaftaran pengurus RW dan RT di Kecaamatan Siwalan disepakati setelah dilakukan sosialisasi dan rapat koordinasi yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan belum lama ini. Dalam sosialisasi yang diikuti oleh Camat Siwalan dan jajarannya, Kepala BPJAMSOSTEK caban Pekalongan, perwakilan kepada desa dan pengurus RW dan RT dari 13 desa se Kecamatan Siwalan.

Camat Siwalan, Siswanto menyampaikan bahwa betapa pentingnya jaminan sosial bagi seluruh pekerja khususnya untuk para pengurus RT dan RW di Kecamatan Siwalan. Melalui BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan yang secara langsung melaksanakan program jaminan sosial, maka para pengurus RT dan RW akan terlindungi jika terjadi resiko meninggal dunia. Yakni peserta akan mendapatkan santunan kematian sebesar Rp42 juta untuk ahli waris, dan anaknya yang masih menempuh pendidikan akan mendapatkan beasiswa pendidikan dari jenjang TK sampai dengan perguruan tinggi.

‚ÄúPotensi 369 tenaga kerja dengan jumlah 97 RW dan 272 RT se-Kecamatan Siwalan harus bisa dilindungi oleh BPJAMSOSTEK berupa program yang bersifat sosial yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Dengan hanya membayar Rp12.000 per bulan per orang dengan manfaat yang sangat jauh lebih besar,” jelas Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Pekalongan, Farah Diana.

Setelah disampaikan materi sosialisasi oleh Kabid Kepesertaan BPJAMSOSTEK Cabang Pekalongan, Y Galuh Yudha Purnama, terlihat antusiasme dari peserta rapat koordinasi. Hal ini dapat terlihat dari beberapa pertanyaan yang disampaikan.(rls)