Orang Tua Diminta Ambil Peran dalam Pendidikan Anak Usia Dini

oleh -
Achmad Taufiq, Kepala Disdikbud Batang

BATANG – Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufiq mengajak orang tua harus ambil peran dalam pendidikan anak usia dini. Salah satunya dengan ikut atau rutin dalam kegiatan parenting di sekolah.

“Untuk mendukung tumbuh kembang anak, perlu ada peran orang tua di dalam proses belajar anak di PAUD. Peran orang tua tersebut adalah pada kegiatan pertemuan orang tua / parenting. Setidaknya dua kali dalam satu semester PAUD perlu mengadakan pertemuan orang tua,” ujarnya saat diwawancarai di sela kegiatannya, Senin (6/6/2022).

Dikatakan Taufiq, bentuk kegiatan ini bisa diwujudkan dalam kelas orang tua atau pertemuan orang tua dengan wali kelas. Di mana untuk kelas orang tua, nantinya orang tua akan saling berbagi hai tentang pengasuhan positif atau pembiasaan baik pada keluarga masing-masing. Sehingga materi yang disampaikan akan menginspirasi para orang tua dalam mendidik anak dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak.

“Sementara dalam pertemuan orang tua dengan wali kelas materinya berupa laporan perkembangan anak selama mengikuti pembelajaran di PAUD,” imbuh Taufiq.

Oleh karenanya, pihaknya berharap lembaga dapat mengagendakan pertemuan orang tua/parenting secara rutin. “Kami harap kegiatan ini rutin digelar sesuai kalender pendidikan masing-masing lembaga. Mengingat pentingnya kegiatan tersebut dalam mendukung tumbuh kembang anak dan mengeratkan hubungan antar orang tua dengan orang tua lainnya, dan hubungan orang tua dengan satuan pendidikan,” harapnya. (nov)