Bekali Siswa Lewat Ilmu Agama

by
FOTO - Para siswa SMK Muhammadiyah Kesesi berfoto bersama usai kegiatan.

KAJEN – Setelah sukses sebelumnya mengadakan kegiatan wisuda dengan konsep di alam terbuka, kini SMK Muhammadiyah Kesesi yang merupakan sekolah Interpreneurship di Kabupaten Pekalongan melaksanakan pengumuman kelulusan dengan membekali siswa melalui kegiatan Baitul Arqam Purna Studi (BAPS).

Disampaikan Kepala SMK Muhammadiyah Kesesi (SMK Mussi) Moh Abdul Kodir MPd, BAPS sendiri merupakan kegiatan terprogram bagi siswa siswi kelas XII dalam bentuk perkaderan di persyarikatan Muhammadiyah melalui Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di sektor Pendidikan.

“Materi yang disampaikan dalam kegiatan BAPS antara lain tentang Peran Tauhid dalam kehidupan, Ibadah Mahdhah dan Nafilah, Tuntunan Ibadah sesuai Tarjih, dan Profil Kader dan Nilai Perjuangan Muhammadiyah,” ungkap Kodir.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 – 3 Juni 2022 bertempat di Wana Wisata Kali Paingan Kabupaten Pekalongan dan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Moh Abdul Kodir MPd.

Dalam sambutannya bapak kepala menyampaiakan bahwa BAPS merupakan kegiatan perkaderan paling pamungkas sebagai pelajar di lingkungan AUM bidang pendidikan khususnya di SMK Muhammadiyah Kesesi. “Secara sistematis perkaderan siswa di SMK Muhammadiyah Kesesi yaitu Fortasi, Taruna Melati dan BAPS dan merupakan satu-satunya sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Pekalongan yang menyelenggarakan kegiatan tersebut,” tuturnya.

Selain dibekali teori keagamaan, siswa juga melaksanakan praktik ibadah secara mandiri antara lain menjadi muadzin, imam shalat, penceramah dan moderator kegiatan. Konsep kegiatan BAPS yang dilanjutkan dengan pengumuman kelulusan dikandung maksud untuk mengantisipasi bahkan mengalihkan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat seperti konvoi dan coret-coret baju.(mal)