DPRD Siap Dukung Kebutuhan Anggaran Bidang Pendidikan

by -
PAPARAN - Ketua DPRD saat menjadi keynote speech dalam kegiatan Seminar Nasional dan Diskusi Panel dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, kemarin.

KOTA – Ketua DPRD Kota Pekalongan, M Azmi Basyir menegaskan, DPRD siap mendukung kebutuhan anggaran bidang pendidikan dalam rangka bersama mewujudkan pendidikan berkualitas dengan tujuan akhir menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Pekalongan yang mumpuni.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPRD saat menjadi keynote speech dalam kegiatan Seminar Nasional dan Diskusi Panel dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang digelar belum lama ini. Azmi menegaskan, dukungan dari segi penganggaran akan diberikan kepada satuan pendidikan dengan catatan sudah memenuhi komponen-komponen standar yang sudah ditetapkan.

Sebab menurut Azmi, pembiayaan pendidikan menjadi salah satu yang terpenting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dari berbagai sisi. “Penting sekali bagaimana mekanisme pembiayaan pendidikan ini disinergikan, antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan dengan masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan Azmi, pedidikan memiliki tujuan besar untuk menciptakan SDM unggul yang hasilnya tak dapat terlihat dalam waktu singkat namun melalui proses akumulasi selama bertahun-tahun. Juga dengan jenjang pendidikan yang bertingkat mulai dari yang terkecil di tingkat keluarga hingga tingkat post doctoral.

“Karena itu, pendidikan ini memang membutuhkan biaya yang besar. Terkait hal tersebut, bagaimana penganggaran dan pembiayaan pendidikan juga sudah diatur dalam UUD dan undang-undang maupun aturan turunannya di mana dalam masalah pembiayaan harus ada kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat,” jelasnya.

Sehingga menurut Azmi, penting sekali dilakukan sinergi terkait mekanisme pembiayaan pendidikan dalam upaya untuk meningatkan kualitas pendidikan dari berbagai sisi. “Harapannya pemerintah bisa semakin giat melakukan diskusi untuk menciptakan konsep yang matang bagaimana satuan pendidikan bisa jadi ujung tombak. Tidak hanya di level kota saja tapi diharapkan bisa sampai ke provinsi dan nasional,” tandasnya.(nul)