Sekolah Penggerak, Pembelajaran Berpusat Pada Siswa

by
PRAKTIK - Para siswa SD Klego 4 sedang mempraktikkan pembuatan batik di gelar karya sekolah penggerak.

*SD Klego 4

KLEGO – Sebagai salah satu sekolah yang menjadi pioner sekolah penggerak di kancah sekolah dasar, SD Klego 4 merasakan perbedaan yang cukup mencolok dengan sistem sebelumnya. Kalau sistem dahulu pembelajaran lebih berpusat pada guru namun dengan adanya sekolah penggerak pembelajaran jadi berpusat pada siswa, Rabu (1/6/2022).

Disampaikan Kepala SD Klego 4 Yeni Fisnani MPd bahwa program sekolah penggerak ini membawa perubahan yang cukup signifikan. Bahkan detail instrumen disiapkan secara apik.

Karena pembelajaran berpusat pada siswa, maka sekolah juga melakukan evaluasi diganostik untuk menentukan bagaiaman kondisi siswa secara personal, baik model belajar maupun tingkat kemampuan sehingga siswa bisa ditangani secara personal.

“Meski cukup sulit sebenarnya untuk menyesuaikan diri karena kita dituntut banyak perubahan, namun insyaAllah kita sudah siap untuk menjadi lebih baik lagi,” ungkap Yeni.

Selain itu, ia menuturkan bahwa karena menjadi sekolah penggerak saat ini SD Klego 4 sudah mengoperasikan kurikulum merdeka dengan melalukan intervensi sekolah penggerak berupa pendampingan konsultatif dan asimetris, misalnya melakukan coaching serta mengikuti lokakarya pelatihan. Sedangkan untuk Intervensi yang ke dua adalah penguatan sumber daya manusia di sekolah, penguatan ini dengan melakukan pelatihan bagi guru yaitu Inhouse Training (IHT) berkaitan dengan intervensi dari program sekolah penggerak misal nya digitalisasi sekolah, pemanfaatan akun belajar.id, pengembangan IT dan IHT tentang kurikulm pengembangan operasional sekolah saat itu.

“Kalau untuk penguatan profil pelajar Pancasila kita mengambil dua tema yaitu Kearifan Lokal dengan subtema jajanan lokal kita ambil lopis karena banyak di sekitar sekolah kami, lalu batik ecoprint dan untuk perubahan iklim global kita melakukan penanaman pohon,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya program sekolah penggerak ini bisa menjadikan SD Klego 4 menjadi lebih baik dan lebih maju terlebih dengan suport penuh orang tua.(mal)