Kasus PMK Melonjak, Hotel Sapi di Pantura Sepi Pengunjung

by
SEPI - Kondisi hotel sapi yang dikelola Ahmadin di Jalur Pantura, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang tampak sepi.

**Imbasnya Hotel Sapi Pantura Sepi

BATANG – Kasus penyakit mulut dan kaki (PMK) terus melonjak. Hal dibenarkan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dislutkannak Kabupaten Batang, Syam Manohara, kemarin.
Dikatakan, angka kasus PMK di wilayahnya semakin mengalami peningkatan. Berdasarkan data terbaru, 154 ekor sapi dinyatakan suspek PMK dan 8 ekor di antaranya terkonfirmasi positif PMK berdasarkan hasil laboratorium Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta.

“Kami sangat kewalahan menangani ternak yang terkonfirmasi PMK. Terlebih dengan terbatasnya obat-obatan dan alat pelindung diri (APD) serta petugas. Saat ini, kami sedang meminta kiriman bantuan obat-obatan dan vaksin untuk ternak, APD serta disinfektan,” katanya.

Adapun, lanjut Syam, untuk mengantisipasi penyebaran PMK ke hewan ternak lain, Dislutkannak bersama tim Satgas Pangan Polres Batang secara berkelanjutan melakukan pemantauan ke sejumlah tempat penginapan hewan.

Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada pengiriman sapi dari daerah rawan PMK, seperti Jawa Timur. “Kalau ada yang terkonfirmasi terpapar hewan langsung dipulangkan ke daerah asal,” tegasnya.