Rumah Sakit Diminta Tak Membedakan Pasien Dalam Memberikan Penanganan Medis

oleh -
Pj Bupati Lani Dwi Rejeki saat memberi sambutan pada acara di RS Qim Batang, Selasa (31/05/2022).

BATANG – Rumah sakit diminta untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat tanpa melihat latar belakang ekonomi. Sehingga masyarakat kurang mampu diharapkan bisa tetap menikmati layanan kesehatan seperti warga lainnya.

“Kami minta rumah sakit juga bisa memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat kurang mampu saat datang untuk berobat. Karena salah satu visi rumah sakit adalah memberikan layanan terbaik bagi setiap pasien yang datang,” ujar Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, usai peletakan batu pertama pembangunan gedung baru RS QIM, Selasa (31/05/2022).

Lani Dwi Rejeki menjelaskan, rumah sakit mempunyai fungsi sosial di bidang kesehatan. Karena itulah, sudah seharusnya tidak hanya mengejar profit saja, namun juga harus bisa membawa misi sosial bagi masyarakat. Jangan pilih-pilih pasien, baik itu level atas ataupun masyarakat miskin, tetap harus mendapatkan layanan yang sama.

“Tidak hanya dibidang layanan, rumah sakit, khususnya swasta juga kami harapkan bisa memberikan pelayanan yang terjangkau, seperti rumah sakit milik pemerintah. Dengan begitu, warga yang berobat tidak terlalu diberatkan dengan biaya yang harus ditanggung, meskipun di rumah sakit swasta,” jelas Lani Dwi Rejeki dalam sambutannya.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini fasilitas maupun pelayanan medis rumah sakit yang ada di Kabupaten Batang tidak kalah dengan daerah lain. Sehingga masyarakat diharapkan bisa berobat di daerahnya sendiri dan bisa tetap mendapat pelayanan medis yang terbaik.

“Di Kabupaten Batang saat ini sudah ada tiga rumah sakit, dua milik pemerintah n satu swasta. Keberadaan tiga rumah sakit tersebut telah mampu membawa dampak positif terhadap pelayanan kepada pasien. Bahkan saat ini ketiganya sudah mampu memberikan pelayanan prima kepada pasien. Dari ketersedian dokter spesalis, SDM hingga sarprasnya sudah bagus. Sehingga tidak usah jauh – jauh lagi ke luar Batang kalau mau berobat,” tandas Pj Bupati. (don)