Fokus Peningkatan Kualitas Pendidikan

by
DOK - Kegiatan belajar mengajar siswa-siswi MI Karangjompo.

KARANGJOMPO – Meski eksitensi saat ini menjadi kebutuhan tersendiri bagi branding sekolah. Ada kalanya eksistensi sekolah menjadi penting untuk dimiliki oleh tiap-tiap satuan pendidikan. Namun MI Salafiyah Karangjompo tetap ingin berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan yang diselenggarakannya.

Menurut penuturan Kepala MI Salafiyah Karangjompo, Hj Eli Nur Abidah, menjaga semangat siswa agar terus giat belajar menjadi salah satu kunci yang harus dipegang. Pasalnya, prestasi siswa juga akan berpengaruh pada eksistensi madrasah maupun sekolah itu sendiri.

“Ya memang untuk prestasi kami masih rata-rata. Tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah,” ujar perempuan asal Desa Kauman Kecamatan Wiradesa ini.

Menurutnya, dampak rob yang seringkali menghampiri pemukiman warga di Desa Karangjompo, juga berpengaruh pada keinginan para siswa untuk belajar. “Ya memang kadang anak-anak sulit untuk belajar. Makanya kami dari pihak mdrasah harus bisa menjaga semangat anak-anak,” tuturnya.

Tidak hanya mengusung ilmu-ilmu pengetahuan yang bersifat umum saja, sebagai sekolah berbasis agama, MI Salafiyah Karangjompo juga senantiasa membiasakan para peserta didiknya untuk rutin melaksanakan pembiasaan-pembiasaan di bidang agama. “Tentu di madrasah, kami harus kental dengan nilai-nilai agama. Karena ilmu umum saja belum cukup, sehingga harus diimbangi atau bahkan porsinya harus dilebihkan untuk ilmu-ilmu agamanya,” pungkasnya. (mal)