Warga Tanyakan Usulan Bronjong

oleh -
RESES - Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Fraksi PKB, Fatkhiana Dewi menggelar Reses di wilayah daerah pemilihan di Aula Kantor DPC PKB setempat, Jumat (27/5/2022).

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi PKB, Fatkhiana Dewi menggelar Reses di wilayah daerah pemilihan di Aula Kantor DPC PKB Kabupaten Pekalongan, Jumat (27/5/2022). Dalam kesempatan tersebut, Fatkhiana Dewi menyerap aspirasi dan mendengarkan usulan dan keluhan dari warga, salah satunya tentang belum jadinya Kartu Jaminan Kesehatan untuk masyarakat.

“Dulu sempat dimintai data seperti fotokopi KK dan KTP yang diperuntukan guna didaftarkan di program Kartu Jaminan Kesehatan, tetapi sampai saat ini belum jadi kenapa?,” ujar salah satu warga.

Disampaikan oleh Fatkhiana Dewi, usulan warga untuk mendapatkan kartu jaminan kesehatan gratis dari Pemda sudah diusulkan ke dinas terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan. Akantetapi memang saat ini masih banyak yang belum mendapatkan kartu jaminan kesehatan gratis tersebut. Bagi usulan yang sudah masuk sekalipun karena bagian yang mencetak kartu tersebut yakni BPJS Kesehatan mengalami kendala.

Kemudian salah satu faktor lainnya, karena pandemi sehingga banyak program yang direfocusing dan anggaran dari Pemda juga terbatas.

“Saya juga menanyakan hal tersebut kepada pihak BPJS Kesehatan kenapa pencetakan kartu jaminan kesehatan bisa lama sekali, tetapi jawaban dari pihak BPJS Kesehatan mengatakan sedang menunggu material kartu cetaknya dari pusat,” jelasnya.

Fatkhiana Dewi juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu per September 2021 sempat dihentikan sementara, tetapi mulai awal 2022 sudah bisa kembali.

“InsyaAllah jika tidak ada kesalahan teknis seperti NIK dan lain lain, kemungkinan hanya menunggu dicetak saja, tetapi itu semua tergantung dari pihak BPJS Kesehatan,” pungkasnya.