Belasan Hari Warga Tidur di Perahu

by
TIDUR - Rumah tergenang rob, belasan warga di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, lebih memilih tidur di perahu.

*Rumah Tergenang Rob

KENDAL – Banjir rob membuat banyak rumah warga di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, untuk sementara tak aman ditinggali. Namun demikian, tidak semua warga serta merta mau menempati posko pengungsian, belasan di antaranya bahkan memilih tidur di perahu karena alasan lebih nyaman dan dekat dengan tempat tinggalnya.

“Lebh nyaman di perahu dai pada di rumah. Banjir rob takut ada binatang berbahaya masuk ke rumah. Kalau di atas perahu berada di sungai airnya mengalir jadi lebih aman,” kata Santoso, warga Karangsari, Jumat (25/5/2022) malam.

Posisi perahu yang berada di depan rumah juga bisa digunakan untuk mengawasi rumahnya yang ditinggal saat banjir rob. Kendati mengungsi di atas perahu juga ada resikonya.
“Resikonya jika hujan turun dan angin malam yang kencang bisa membuat badan meriang,” ungkapnya.

Tidur di atas perahu juga dilakukan sejumlah warga, baik untuk istirahat bahkan memasak. Bahkan ada warga yang membawa perahunya di teras rumah yang terendam banjir, agar tidak basah saat kehujanan.