Disdukcapil Genjot Percepatan Kepemilikan KIA

by -
Kepala Disdukcapil Kota Pekalongan, Slamet Hariyadi

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat terus mengoptimalkan pelayanan dan sosialisasi terkait pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA). Seperti halnya Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak bertujuan untuk mempermudah pelayanan publik, meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia bagi anak.

Kepala Disdukcapil Kota Pekalongan, Slamet Hariyadi menyebutkan bahwa, saat ini Disdukcapil terus menggeber program kependudukan tentang kepengurusan KIA. Hingga semester kedua pada tahun 2021 atau tepatnya Bulan Desember, sudah 44.665 anak atau pencapaiannya sudah 52,12 persen anak-anak di Kota Pekalongan yang memiliki KIA.

“Per Desember 2021 lalu anak-anak Kota Pekalongan yang memiliki KIA sejumlah 44.665 orang atau 52,12 persen. Dimana,total keseluruhan anak-anak yang menjadi target KIA ini sebanyak 85.308 anak. Proses pembuatannya pun mudah dan cepat,” ucap Hariyadi.

Seperti diketahui, Kota Pekalongan ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai satu dari 50 kabupaten/ kota yang menerapkan KIA sejak tahun 2017. Lebih lanjut, pihaknya mengingatkan masyarakat Kota Pekalongan khususnya orang tua untuk mengurus kepemilikan KIA karena kartu tersebut sangat penting untuk identitas dan memiliki keuntungan lain.