Ribuan Rumah Terendam Rob

oleh -
TERENDAM - Ribuan rumah di Pesisir Kendal terendam banjir rob yang terjadi, Senin (23/5/2022). Ketinggian air pasang tersebut hingga satu meter.

*Ketinggian Capai 1 Meter

KENDAL – Ribuan rumah di pesisir Kendal terendam banjir rob sebagai akibat pasangnya air laut pada Senin (23/5/2022). Ketinggian air pasang bahkan satu meter. Banjir terparah ini terjadi di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kelurahan Bandengan dan Karangsari di Kecamatan Kota Kendal dan Desa Kartika Jaya di Kecamatan Patebon. Air pasang masuk ke rumah dan mengganggu aktivitas warga.

Informasi yang dihimpun, banjir rob yang terjadi di kampung Kisik Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, sudah terjadi dua hari. Sementara di Desa Mororejo Kaliwungu, banjir rob ini merupakan yang terparah. Biasanya air tidak sampai menggenangi ke dalam rumah hanya menggenangi jalan. Namun air pasang yang mulai naik sejak pukul 14.00 kemarin itu semakin parah dan masuk ke dalam rumah.

Berdasarkan pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, sedikitnya ada seribuan rumah yang terendam rob dan tersebar di tiga kecamatan.

“Data yang baru masuk ada tiga kecamatan yang terdampak banjir rob, yakni di Kaliwungu, Kendal kota, dan Patebon,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kendal, Sigit Sulistyo.

Banjir air pasang ini akibat fenomena alam dan merata terjadi di sepanjang pesisir Pantura Pulau Jawa, termasuk terjadi di Kabupaten Kendal. “Sampai saat ini di Kelurahan Karangsari belum ada pengungsi hanya di Desa Mororejo yang mulai mengungsi ke masjid dan kerabat,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Kendal sudah mendirikan dapur umum di Kelurahan Karangsari sementara di Mororejo Kaliwungu juga akan didirikan dapur umum. Warga sendiri mengaku, banjir ini merupakan yang terparah. “kalauoun terjadi air naik ndak separah ini. Hanya menggenangi jalan. Tapi ini masuk ke dalam rumah. Air mulai naik jam 14.00 dan terus meninggi,” kata Kumaedi warga Mororejo. (lid)