Sungai Meduri dan Sengkarang Ngamuk

by -
SUNGAI MEDURI MELUAP: Kondisi Sungai Meduri di Desa Mulyorejo meluap.

*Tanggul Sungai di Tegaldowo Jebol
*Pemukiman dan Jalan Tergenang Air

TIRTO – Dalam sepekan terakhir, Sungai Meduri dan Sengkarang di wilayah pesisir Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan meluap. Bahkan, tanggul sungai di Desa Tegaldowo kemarin sore jebol.

Akibat luapan dua sungai besar itu, air masuk ke perkampungan penduduk di Desa Tegaldowo dan Mulyorejo. Jalan-jalan utama di kedua desa ini pun tergenang banjir.

Jebolnya tanggul Sungai Meduri di Desa Tegaldowo kemarin sore kian menambah parah banjir di desa itu. Untuk mengantisipasi banjir lebih besar, warga desa setempat bergotong-royong membuat tanggul darurat, kemarin.

Sekretaris Desa Mulyorejo, Nurul Huda, semalam, mengatakan, kondisi Sungai Meduri dan Sengkarang, kemarin, meluap. Arus sungai cukup deras. Air pun masuk ke pemukiman penduduk.

“Sudah sepekan ini beberapa wilayah di utara sudah ada yang tenggelam mas jalannya karena setiap sore air sungai meluap. Puncak luapan sekitar pukul 17.00 WIB,” kata dia.

Dikatakan, untuk jalan di RT 6 dan 10, ketinggian genangan airnya setinggi mata kaki.” Untuk tanggul sungai di Tegaldowo juga jebol,” imbuh dia. (had)