Peringati Hardiknas, Dindik Launching SKB

by -
TAMPIL - Penampilan salah satu sekolah dalam pembukaan launching sekolah.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya, menjelaskan bahwa, pembentukan SKB di Kota Pekalongan ini sudah menjadi impian sejak lama masyarakat Kota Pekalongan, bahkan sebelumnya dirinya bersama jajaran Dinas Pendidikan sudah melakukan kaji terap ke SKB Bandung dengan harapan Kota Pekalongan bisa mewujudkan hal serupa.

“Adanya SKB ini tujuannya untuk mengurangi angka anak-anak yang putus sekolah ataupun anak-anak usia sekolah yang seharusnya masih harus melanjutkan sekolah, namun karena suatu kondisi hal mereka harus bekerja. Sehingga, adanya SKB ini bisa menjadi alternatif mereka yang putus sekolah di tengah jalan namun tetap bisa bekerja,” ucap Inggit.

Inggit menargetkan usai dilaunching, Kota Pekalongan bisa segera mewujudkan gedung SKB yang lebih representatif di Kelurahan Kuripan Yosorejo sehingga masyarakat maupun anak-anak Kota Pekalongan yang menimba ilmu di SKB Kota Pekalongan bisa lebih nyaman menyerap ilmu yang didapatkan.

Ditambahkan Koordinator Fungsi Kesetaraan Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Ditjen PAUD Dasmen Kemdikbudristek RI), Fauzi Eko Pranyono, bahwa pihaknya menyambut baik adanya Launching SKB di Kota Pekalongan. Dengan adanya SKB ini merupakan bentuk kehadiran Pemkot Pekalongan di tengah masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan non formal baik PAUD maupun kesetaraan dan pendidikan non formal lainnya, termasuk kecakapan hidup.

“Kalau di sekolah formal itu ada SD Negeri dan Swasta begitu juga SMP Negeri dan SMP Swasta kalau di jenjang pendidikan non formal ini negerinya adalah SKB. Ketika SKB hadir artinya pemerintah hadir di tengah masyarakat,” terang Fauzi. (mal)