Antisipasi Aksi Massa Saat Pilkades, Polres Batang Gelar Simulasi Pengamanan

by
Polres Batang menggelar simulasi pengamanan pelaksaan Pilkades serentak.

Batang – Untuk mengantisipasi terjadinya gesekan antara pendukung pada saat pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Polres Batang menggelar simulasikan pengamanan unjuk rasa yang dilakukan oleh massa terkait ketidakpuasan kinerja Panitia Pemilihan.

Simulasi digelar di halaman Mapolres setempat, Sabtu (21/05/2022) dan disaksikan langsung oleh Kapolres Batang diwakili oleh Wakapolres Batang, Gali Atmajaya, Dandim 0736 Batang diwakili oleh Pasiops Kapt. Inf. Mulyo Hartono, Kepala Dispermades Kab. Batang Ruswanto, Danki Brimob Batalyon B Pelopor AKP Muslih.

Simulasi sistem pengamanan tempat pemungutan suara didahului dengan rangkaian tahapan Pilkades. Namun usai perhitungan suara, muncul ketidakpuasan dari pendukung salah satu calon.

Puluhan massa tersebut kemudian berunjuk rasa di lokasi pencoblosan yang berujung bentrok. Massa merasa tidak puas karena tidak diperbolehkan mencoblos oleh Ketua Panitia dengan alasan sesuai ketentuan yg berlaku pemungutan suara ditutup pukul 12.00 WIB.

Melihat kondisi tersebut, Polres Batang berusaha meredam emosi para pengunjuk rasa dengan cara mediasi, namun cara itu tidak berjalan mulus sehingga masa terus merangsek blokade barisan polisi. Polisi pun akhirnya melakukan pengendalian dengan menggerakkan 1 Pleton Brimob anti anarkis untuk melokalisir situasi.

Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Kompol Raharja mengatakan, melalui kegiatan simulasi ini petugas dilapangan akan mengerti tugas pokok dan fungsinya dalam pengamanan Pilkades ini.

“Polres sudah melakukan pemetaan prediksi masalah yang bisa menjadikan kerusuhan, dan berujung pada gangguan keamanan serta ketertiban masyarakat,” ujar Kabag Ops Kompol Raharja usai simulasi pengamanan pilkades serentak di Halaman Mapolres Batang.

Menurutnya, pada pengamanan Pilkades 2022, polres akan menerjunkan 312 personel dibantu pasukan BKO 30 anggota Brimob dan Kodim 0736 Batang.

“Semua anggota itu akan disebar ke tempat pemungutan suara (TPS) di 32 desa yang akan melaksanakan pilkades pada 29 Mei mendatang,” tandasnya. (don)