Korban Tenggelam Ditemukan dalam Kondisi Tak Bernyawa, Tak Jauh dari TKP

by
Tim SAR mengevakuasi korban yang tenggelam di sungai Kupang. Wahyu Hidayat

KOTA – Setelah dilakukan operasi pencarian selama hampir lima jam, akhirnya siswa SMP yang tenggelam di Sungai Kupang, Jl Madura, Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan.

Korban bernama Mohammad Ardiansyah (14), siswa kelas 2 SMPN 3 Pekalongan, alamat Jl Wilis No 67, Kelurahan Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, itu ditemukan pada Sabtu (21/5/2022) pukul 20.30 WIB di sekitar TKP. Korban ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Anggota Polairud Polda Jateng, selaku Koordinator Tim SAR, Aipda Wahyoe Tri Pamungkas, menuturkan korban ditemukan tenggelam di dasar sungai dalam kondisi sudah tidak bernyawa dan jasadnya sudah kaku.

“Hasil pencarian hari ini alhamdulillah korban berhasil ditemukan dengan teknis penyelaman. Tim yang terlibat dari Basarnas, BPBD Kota Pekalongan, personel Kapal Polisi 1015 Dir Polairud Polda Jateng, Brimob, PMI, TNI, relawan, dan unsur potensi SAR lainnya. Korban ditemukan tidak jauh dari TKP, di dasar, dilakukan penyelaman oleh dua penyelam dari Basarnas maupun pitensi SAR,” katanya.

Korban kemudian langsung dievakuasi ke RSUD Bendan menggunakan mobil ambulans dari PCNU Kota Pekalongan untuk dilakukan visum oleh dokter.

Sebelumnya diberitakan, seorang siswa kelas 2 SMPN 13 Pekalongan bernama Mohammad Ardiansyah (14), warga Jl Wilis No 67, Kelurahan Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan dilaporkan hilang tenggelam di Sungai Kupang atau Sungai Pekalongan, Jl Madura, Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Sabtu (21/5/2022) siang.

Informasi yang dihimpun, kejadian ini berawal ketika korban bersama teman-temannya total sejumlah delapan anak, mandi di Sungai Kupang, sekitar pukul 13.30 WIB. Kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu waktu belajar kelompok bersama teman-temannya.

Semula korban enggan mandi di sungai tersebut karena tidak bisa berenang. Namun karena ikut-ikutan temannya, korban lantas nekat terjun ke sungai.

Naas, lantaran sungai cukup dalam dengan kedalaman hingga sekitar 7 meter dan arus cukup deras, korban akhirnya tenggelam. Beberapa temannya yang juga mandi di lokasi yang sama sempat berusaha mau menolong, tetapi tidak berhasil. (way)