Tahun 2021, BPJSJAMSOSTEK Pekalongan Cairkan Klaim Rp262,9 M

by
Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pekalongan, Farah Diana. istimewa

PEKALONGAN – Selama tahun 2021, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Pekalongan membayarkan klaim sebesar Rp 262 miliar dari total 23.845 kasus.

“Sepanjang 2021, kami menyalurkan sebanyak Rp 262.9 miliar klaim yang diajukan dari 23.845 kasus,” ungkap Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pekalongan, Farah Diana.

Farah mengapresiasi perusahaan yang telah melaksanakan kewajiban dengan mendaftarkan seluruh pekerjanya menjadi peserta program BPJAMSOSTEK sehingga para pekerja mendapatkan hak perlindungan sebagaimana mestinya.

Dia menjelaskan, rincian klaim yang dibayarkan meliputi 18.538 klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sejumlah Rp228,8 miliar, 689 klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) berupa santunan dan biaya perawatan sejumlah Rp5,8 miliar, kemudian 4.000 klaim Jaminan Pensiun (JP) sejumlah Rp3,5 miliar, dan 618 klaim Jaminan Kematian (JKM) berupa santunan yang telah diterima ahli waris sejumlah Rp5,8 miliar.

“Sementara dari Januari hingga April 2022, kami sudah membayarkan klaim kepada peserta sebanyak Rp82,4 miliar,” tambahnya.

Pada kondisi Pandemi dan transisi ini, Farah menambahkan akan tetap memberikan pelayanan terbaik, yaitu pelayanan Prima Kepada Peserta. “Kami berharap semua perusahaan dapat bekerja sama dengan kami BPJAMSOSTEK untuk terus mengupdate perubahan data karyawanya. Jika ada karyawan baru langsung didaftarkan, dengan begitu langsung mendapatkan perlindungan. Karena ketika masuk sudah ada risiko pekerjaan yang menyertai mereka. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kami” Imbuh Farah.

BPJAMSOSTEK juga siap datang ke perusahaan-perusahaan untuk memberikan sosialisasi program juga layanan yang tersedia di BPJAMSOSTEK seperti manfaat program, aplikasi JMO, manfaat layanan tambahan Perumahan Peserta BPJAMSOSTEK, dan pengenalan kanal-kanal daftar juga bayar kepesertaan BPJAMSOSTEK.(rls)