Dongkrak Indeks Demokrasi Indonesia, Kesbangpol Intens Edukasi Politik

by
BERI MATERI - Kepala Badan Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata, saat menyampaikan materi tentang Indeks Demokrasi Indonesia (IDI).

BATANG – Pendidikan politik secara intensif menjadi salah satu upaya yang dilakukan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dalam menjaga kualitas Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di wilayahnya. Terlebih, dari rilis BPS Jateng, IDI Provinsi Jawa Tengah masih berada di kategori sedang dengan skor 70,6.

Pendidikan politik tersebut seperti dilakukan Bakesbang Jateng melalui kegiatan Fasilitasi Penilaian Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Jateng, bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Jateng di Gedung Pramuka, Kamis (19/5/2022).

Kepala Badan Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata menjelaskan, intensitas pendidikan politik ini turut berpengaruh pada indeks demokrasi. Meskipun belum terhitung secara angka, menurutnya Indeks Demokrasi Indonesia di Batang terbilang sangat bagus.

“Secara data dan angka memang belum ada. Karena dalam penilaian indeks ini masih skala provinsi. Di mana di Jateng menurut BPS menembus angka 70,6 dan termasuk sedang. Dan menurut pengamatan kami, di Batang termasuk sangat bagus sekali karena instens pendidikan politik di semua lini,” ujar Agung saat diwawancarai usai kegiatan.

Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari pendidikan politik yang instens dan menyeluruh ke berbagai kalangan. Baik untuk peserta pemilu ataupun pemilih. Pihaknya bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu untuk edukasi politik hingga ke pemilih pemula. Selain itu juga turut memberikan pendidikan etika politik kepada anggota DPRD setempat.