Kota Pekalongan Batasi Lalu Lintas Hewan Ternak

by
SOSIALISASI - Dinperpa Kota Pekalongan mengadakan sosialisasi pencegahan PMK hewan ternak kepada puluhan peternak di aula kantor Dinperpa setempat, Kamis (19/5/2022).
  • Cegah Penyebaran Penyakit PMK

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) terus melakukan upaya antisipasi dan kewaspadaan dini terhadap pemasukan, penularan dan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di Kota Pekalongan. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi kepada para peternak, bertempat di Aula Dinperpa Kota pekalongan pada hari ini Kamis (19/5/2022).

Sosialisasi pencegahan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak ruminansia ini dihadiri oleh puluhan peternak sapi, peternak kambing, peternak domba di Kota Pekalongan, dan anggota Polres Pekalongan Kota beserta perwakilan instansi terkait.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa, Ilena Palupi, menjelaskan tujuan dan maksud dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan pada para peternak tentang pencegahan penyakit mulut dan kuku. Kegiatan tersebut, sengaja dilakukan karena penyakit mulut dan kuku pada sapi, saat ini penyebarannya terus meningkat. Dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan para peternak dapat lebih waspada, terhadap penularan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak miliknya.

Selain memberikan langkah pencegahan penyakit, dalam kegiatan tersebut para peternak juga diberikan edukasi mengenai bahaya penularan dari penyakit PMK. Usai acara sosialisasi dilanjutkan monev ke usaha ternak sapi di Kuripan, Pekalongan Selatan bersama tim Polres Pekalongan Kota.

Ilena menuturkan bahwa sampai kemarin belum ada laporan hewan ternak di Kota Pekalongan yang terindikasi tertular PMK. Meski demikian, langkah pencegahan dan antisipasi terus dilakukan. Termasuk dengan memperketat mobilitas hewan ternak yang masuk ke wilayah Kota Pekalongan.