Banjir di Tirto Berangsur Surut

by
BERSIHKAN SISA BANJIR - Warga di bantaran Sungai Bremi, Kelurahan Tirto, mulai membersihkan sisa-sisa banjir di rumah mereka, kemarin (18/5/2022).

*) Warga Mulai Bersihkan Sisa Banjir

KOTA – Banjir yang merendam rumah-rumah warga di bantaran Sungai Bremi, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat sejak Senin (16/5/2022), kini sudah mulai berangsur surut.

Warga yang rumahnya tergenang tidak terlalu parah, Rabu (18/5/2022), sudah mulai membersihkan lumpur sisa-sisa banjir. Sedangkan warga yang lantai rumahnya relatif rendah dan masih terendam banjir, sementara masih menunggu hingga genangan banjir surut sepenuhnya.

Sampai Rabu siang kemarin, banjir masih merendam puluhan rumah warga Tirto di bantaran Sungai Bremi dengan ketinggian air sekitar 30cm. Warga hanya bisa mengandalkan mesin pompa seadanya untuk menyedot genangan banjir dan membuangnya ke sungai, melewati tanggul sungai yang ada.

Salah seorang warga setempat, Taryono, menuturkan banjir sudah menggenangi permukiman sejak tiga hari kemarin. “Alhamdulillah ini air sudah mulai surut. Kita harus sedot pakai mesin pompa, kalau pompanya tidak ngadat. Kalau ngadat ya genangannya akan tambah lama,” katanya.

Taryono mengungkapkan kampungnya sudah sering terendam banjir, terutama ketika hujan lebat. Air yang menggenangi permukiman tidak bisa langsung mengalir ke sungai karena adanya tanggul. Genangan banjir harus dibuang ke sungai dengan disedot menggunakan mesin pompa. “Biasanya sampai semingguan lebih. Itu kalau tidak hujan, kalau masih disertai hujan ya lebih lama lagi,” ungkapnya.

Banjir kali ini disebabkan oleh hujan deras pada Senin pagi lalu. Akibat adanya tanggul dan minimnya mesin pompa, membuat banjir akibat air hujan bertahan menggenangi permukiman hingga beberapa hari. (way)