Akhirnya, PTM 100 Persen Diberlakukan

by
PTM 100 % - Dindik mengeluarkan kebijakan PTM 100 persen sejak 17 Mei 2022.

KAJEN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan akhirnya memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen sejak Selasa (17/5/20222). Kebijakan ini disambut antusias kalangan pendidikan dan orang tua siswa.

“Alhamdulillah akhirnya sekolah mulai normal. Semoga kedepan pandemi ini sudah tidak ada lagi, agar anak-anak bisa mengenyam pendidikan dengan baik di sekolahan,” ujar Mahmudah (42), warga Desa Nyamok, Kecamatan Kajen, kemarin.

Guru pun menyambut gembira kebijakan itu. Pasalnya, selama pandemi proses pembelajaran banyak yang berjalan tidak dengan normal. Pembelajaran jarak jauh dan online dinilai tidak seefektif pembelajaran tatap muka. Karakter anak-anak pun banyak berubah lantaran jarang masuk sekolah.

“Semoga PTM 100 persen bisa berjalan terus,” ujar Sigit, salah seorang guru di Bojong.

Plt Kepala Dinas Pedidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Edy Herijanto, mengatakan, berdasarkan SKB 4 menteri, maka satuan pendidikan dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka secara penuh dengan kapasitas peserta didik 100 persen mulai tanggal 17 Mei 2022. Pembelajaran dilakukan setiap hari belajar, dengan lama belajar paling banyak 8 jam pelajaran per hari. “Kita sudah buat surat edaran terkait hal ini,” kata dia.

Kebijakan PTM 100 persen itu, lanjut dia, sudah mendapatkan persetujuan dari satgas Covid kabupaten. Prokes tetap harus dipatuhi. Apabila ditemukan kasus, maka pemda bisa mengambil tindakan sesuai SKB 4 menteri.

“Masing-masing sekolah nanti melaporkan perkembangan yang ada,” katanya. (had)