Pilkades Serentak, 3 Desa Masuk Zona Merah, Polres Siapkan Tim Pemukul

oleh -
DEKLARASI DAMAI - Para calon kades bersama Bupati Wihaji dan Forkopimda saat mendeklarasikan pilkades damai di Pendopo Pemkab Batang, kemarin.

BATANG – Sebanyak 81 calon kepala desa di Kabupaten Batang mendeklarasikan pelaksanaan pemilihan kepala desa secara damai, jujur, adil, dan bermartabat yang digelar di Pendopo Pemerintah Kabupaten Batang, Rabu (18/5/2022) sore.

Bupati Batang, Wihaji mengatakan, bahwa masyarakat di desa sudah memiliki pikiran cerdas sehingga dalam pelaksanaan pilkades tahap pertama yang akan dilaksanakan pada 29 Mei 2022 akan berjalan damai, guyub rukun, dan bermartabat.

“Bagi calon kades harus siap dipilih dan memilih, serta siap menang dan kalah. Saya menyakini bahwa Allah telah menentukan siapa pemenang dalam pilkades sehingga 81 calon kades harus dapat meluruskan niat ‘ngalap berkah’ dan menerima hasil pilkades,” ungkapnya.

Terkait dengan kemungkinan terjadi permaianan politik uang di pilkades, Bupati Wihaji mengatakan saat ini masyarakat sudah cerdas dan menilai siapa calon kepala desa yang akan dipilih, sehingga masalah politik uang tidak akan mempengaruhi pilihanya. “Jadi masalah politik uang bukan ukuran menjadi calon kades akan terpilih,” ujarnya.

Kepala Dispermades Batang, Rusmanto mengatakan, deklarasi pilkades damai ini untuk menentukan arah pembangunan desa selama enam tahun ke depan, sehingga masyarakat wajib berpartisipasi aktif untuk memilih calon kepala desa.