Ansor Gelar Mujahadah di Bukit Cinta Telaga Menjer

by
KERUSAKAN - Prihatin dengan kondisi kerusakan lingkungan di kawasan dataran tinggi Kabupaten Wonosobo, Gerakan Pemuda Ansor menggelar mujahadah di objek wisata Bukit Cinta Telaga Menjer.

*Kawasan Dieng Semakin Rusak

WONOSOBO– Prihatin dengan kondisi kerusakan lingkungan di kawasan dataran tinggi Kabupaten Wonosobo, Gerakan Pemuda Ansor q menggelar mujahadah yang diikuti ratusan kader dan anggotanya. Kegiatan dihelat di kawasan objek wisata Bukit Cinta Telaga Menjer.

“Mujahadah meminta agar tidak ada bencana, menyeimbangkan tempat wisata gunung agar seimbang antara untuk tempat liburan, tempat berdoa, tetap terjaga kelestarian, sesuai fungsi utamanya,” ungkap Ketua GP Ansor Kabupaten Wonosobo, Sutopo.

Menurutnya, mujahadah dipimpin langsung oleh dzurriyah, Mbah Kiai Chamid Kajoran waliyullah, yaitu KH Raden Hadi dan Ibu Nyai Maslachah. Dihadiri 500 peserta yang terdiri dari anggota dan kader Ansor di kecamatan wilayah Garung dan Kejajar yang menjadi penyangga Dieng. Selain itu didukung penuh oleh warga Desa Maron.

“Mujahadah itu didasarkan usul dari keluarga atau keturunan Kiai Chamid Kajoran, yang mendapatkan pesan secara gaib untuk menggelar doa bagi penyelamatan kawasan dataran tinggi Dieng, yang semakin rusak,” ucapnya.

Dijelaskan, GP Ansor Wonosobo menyambut baik kegiatan mujahadah sebagai bentuk dukungan spiritual serta memudahkan partisipasi masyarakat dalam melakukan penyelamatan lingkungan. Sedangkan ikhtiar lain dengan menggelar kegiatan penanaman pohon di sejumlah titik, seperti lereng Gunung Sindoro dan juga di kaki perbukitan Gunung Prau.