Dana Dusun Disebut Efektif Turunkan Kemiskinan

by
SALAMAN - Bupati Kendal Dico M Ganinduto hadiri halal bi halal dengan Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kendal.

KENDAL – Akibat pandemi Covid-19, angka Kemiskina di Kabupaten Kendal naik menjadi 9 persen. Untuk menurunkan angka kemiskinan ini, Pemkab Kendal antara lain berupaya mengoptimalkan pelaksanaan Dana Dusun agar semakin tepat guna.

Padat Karya menjadi kunci dari Bantuan Keuangan Desa Berbasis Dusun atau lebih dikenal dengan Dana Dusun. “Saya optimis dengan kucuran dana dusun tahun 2022 ini bisa menurunkan angka kemiskinan,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat hadiri halal bi halal dengan Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kendal, Rabu (18/5/2022).

Menurut Bupati, sejauh ini sinergitas Pemkab Kendal dengan Pemerintah Desa sudah berjalan dengan baik. “Terkait anggaran yang harus tepat sasaran, meskipun jumlahnya tidak besar namun jika tepat sasaran maka akan mempunyai manfaat yang besar,” ungkapnya.

Selain itu, padat karya yang harus untuk dilaksanakan pada program Dana Dusun ini akan mengurangi angka kemiskinan. “Dengan padat karya maka semua warga masyarakat bisa menikmati hasilnya dari program yang digulirkan,” terangnya.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kendal, Abdul Malik mengaku siap melaksanakan semua program Pemerintah Kabupaten Kendal. Kepala Desa akan bersinergi dan menghilangkan ego sektoral untuk kemajuan Kabupaten Kendal.

“Program Dana Dusun program Pemkab Kendal dan akan dilaksanakan agar bisa melibatkan seluruh masyarakat sehingga mendapatkan pemasukan dan secara langsung mengurangi angka kemiskinan,” ucapnya. (lid)