Forum Anak Diminta Perkuat Peran Pelopor dan Pelapor

by
RAKORWIL - Forum Anak se eks Karesidenan Pekalongan mengikuti Rakorwil yang dilaksanakan di Kota Pekalongan.

KOTA – Sebagai mitra Pemerintah Kota Pekalongan dan wadah pemenuhan hak partisipasi anak, Forum Anak diminta berupaya meningkatkan perannya sebagai pelopor dan pelapor (2P).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan, Sabaryo Pramono mengungkapkan pihaknya telah melakukan advokasi dengan anggota Forum Anak khusus di Kota Pekalongan terkait peran mereka sebagai Pelopor dan Pelapor.

Ia menjelaskan, maksud dari pelopor berarti menjadi agen perubahan dengan memanfaatkan waktunya untuk kegiatan yang positif, kreatif, inovatif, bermanfaat serta menginspirasi banyak Anak sehingga menarik orang lain terlibat melakukan suatu perubahan yang lebih baik lagi.

“Peran mereka sebagai pelopor, memberikan contoh kemudian mengajak Anak-Anak seusianya dan teman mereka untuk bisa berkreasi dan melakukan suatu kegiatan positif,” katanya usai menghadiri rakorwil Forum Anak se-eks karisidenanan di Ruang Jetayu, kemarin.

Sedangkan pelapor, dijelaskan Sabaryo diharapkan anggota Forum Anak ini dapat menjadi pionir untuk menyampaikan pendapat ketika mengalami, melihat maupun merasakan tidak terpenuhinya hak perlindungan Anak maupun hal yang bertentangan dengan pemenuhan kebutuhan anak di sekitar mereka, dengan melaporkan ke dinas maupun lembaga terkait.