Diresmikan, Islamic Center akan Digunakan untuk Manasik Jemaah Haji yang Berangkat Tahun Ini

by
Bupati Wihaji menandatangani prasasti peresmian Islamic Center Batang.

BATANG – Islamic Center Kabupaten Batang telah diresmikan oleh Bupati Wihaji pada Rabu (18/05/2022). Selanjutnya bangunan yang menempati lahan bekas pangkalan truk Banyuputih itu akan dipergunakan untuk kegiatan manasik haji bagi jamaah yang akan berangkat pada tahun ini.

“Tadi dari Kemenag mengatakan bahwa tahun ini ada 393 calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah saja, dan sebelum berangkat, mereka akan mengikuti manasik di Islamic Center ini terlebih dahulu,” ujar Bupati Batang, Wihaji pada sambutan peresmian dan juga halal bihalal dengan alim ulama di Islamic Center, Rabu (18/05/2022).

Proyek senilai Rp 11,9 miliar itu, selain menjadi ikon syiar agama Islam dan selama ini sangat ditunggu masyarakat Kabupaten Batang. Pasalnya, selama ini kegiatan manasik bagi calon jamaah haji maupun umroh dilakukan di luar daerah.

“Inilah karya para ulama yang menurut saya karya dunia akherat. Islamic Center ini diinisiasi oleh para ulama. Meskipun ada yang kontra dalam alih fungsi lahan eks pangkala truk, namun Alhamdulillah semua prosesnya dapat berjalan dengan baik,” jelas Bupati Wihaji.

Bupati mengungkapkan, dirinya mempunyai keyakinan keberadaan Islamic Center akan menjadi ikon baru Kabupaten Batang. Bahkan calon jamaah haji maupun umroh daerah lain yang didaerahnya belum mempunyai tempat manasik yang representatif akan menggunakan Islamic Center Batang.

Untuk Pembangunan tahap pertama Islamic Center telah menyelesaikan miniatur Kabah, gerbang dan pagar keliling. Sedangkan untuk pembangunan tahap II, Pemkab sudah menyiapkan anggaran Rp13,69 miliar.

“Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk membangun gedung pertemuan beserta kelengkapan fasilitas, masjid,  penginapan atau asrama dan lainnya. Proyek tahap II sekarang on proses. Saya titip siapapun penjabat bupati bisa melanjutkanya. Ini adalah amanah rakyat, para tokoh dan para ulama Batang,” tandas Wihaji. (don)