Peternak Diimbau Tak Datangkan Hewan Ternak dari Luar Kota

by
Ilena Palupi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan

*) Antisipasi Penyebaran Wabah PMK

KOTA – Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan mengimbau warga khususnya para peternak untuk sementara waktu tidak mendatangkan hewan ternak baru dari luar daerah. Hal ini dalam rangka mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak ruminansia di Kota Pekalongan.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan Ilena Palupi saat ditemui di kantornya, Selasa (17/5/2022).

Ilena mengatakan, sampai kemarin memang belum ada laporan temuan kasus hewan ternak ruminansia di Kota Pekalongan yang tertular PMK. Namun berbagai langkah pencegahan dan kewaspadaan dini perlu dilakukan. Salah satunya dengan tidak mendatangkan hewan ternak ruminansia (sapi, kerbau, ataupun kambing) dari luar kota ke Kota Pekalongan.

“Kalaupun terpaksa harus mendatangkan hewan ternak baru untuk menjaga ketersediaan pangan di Kota Pekalongan, saya minta harus ada surat hasil pemeriksaan dari dokter hewan atau keterangan pemeriksaan kesehatan hewan dari dinas asal hewan tersebut,” terang Ilena.

Ditambahkan Ilena, begitu hewan ternak tersebut sudah masuk di Kota Pekalongan, peternak atau warga yang bersangkutan dimohon untuk menghubungi Dinperpa untuk pemeriksaan ulang. Selain itu, hewan ternak tersebut agar tidak dicampurkan dengan hewan ternak yang sudah ada. “Jadi mesti dikarantina dulu untuk dipastikan kesehatannya,” tuturnya.

Ilena menjelaskan bahwa PMK pada hewan ternak ruminansia tidak menular ke manusia. Maka warga tidak perlu panik, tetapi tetap harus tetap menjaga kebersihan agar tidak sampai menularkan PMK dari hewan ternak yang sudah terjangkit ke hewan ternak lainnya.