Pemkab Siapkan Tempat Isolasi Khusus

by
PEMERIKSAAN - Kepala Dislutkanak Batang, Windu Suriadji bersama jajarannya saat melakukan pemeriksaan hewan ternak di Desa Rowobelang, Selasa (17/5/2022).

*Untuk Ternak Terindikasi PMK

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menyiapkan tempat isolasi khusus bagi hewan ternak yang terindikasi maupun suspek penyakit mulut dan kuku (PMK) sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit itu pada hewan ternak lainnya.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Batang, Windu Suriadji mengatakan, bahwa pemkab telah menyiapkan skema untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di antaranya menyediakan tempat isolasi khusus.

“Kami mempunyai tempat (isolasi itu) di rumah pemotongan hewan dan budidaya ternak, serta lahan di Desa Kemesu Kecamatan Reban,” ungkapnya, saat melakukan pemeriksaan hewan ternak di Desa Rowobelang, Selasa (17/5/2022).

Pihaknya berharap kasus PMK di Kabupaten Batang tidak besar, sehingga tidak membutuhkan tempat isolasi terpusat. Namun, para peternak harus menyediakan tempat isolasi secara mandiri.

Ia meminta para pengusaha untuk mengisolasi sapi yang sakit. Jangan sampai hewan ternak yang sakit bersinggungan dengan hewan ternak yang sehat. “Kami akan mengumpulkan pengusaha-pengusaha atau peternak untuk bisa menyediakan tempat isolasi,” ucapnya.

Menurut Windu, pihaknya dalam waktu dekat, bersama TNI dan Polri akan membentuk tim unit reaksi cepat atau tim satgas penanganan penyakit mulut dan kuku pada ternak.

Pemkab Batang, kata dia, juga berencana mengadopsi tim satgas dari provinsi untuk mencegah kasus penyakit mulut dan kuku pada ternak menjelang Idul Adha.