Kolaboratif, Ormas Diajak Ikut Jaga Keseimbangan Pemerintah

by
SEMINAR - Badan Kesbangpol Batang menggelar seminar kolaborasi antara Pemerintah dan ormas di Aula Kantor Bupati setempat, Selasa (17/5/2022).

BATANG – Badan Kesbangpol Kabupaten Batang mengajak Ormas di wilayahnya untuk berkolaborasi menjaga keseimbangan pemerintah. Hal ini dilakukan agar pemerintah tidak sewenang-wenang dalam memulai perencanan, eksekusi hingga evaluasi.

Hal itu diperlukan guna menghindari sistem pemerintahan yang otoriter ke arah yang lebih demokratis. “Ormas juga berfungsi mendorong sistem check and balance, sehingga negara tidak sewenang-wenang dalam mengambil kebijakan,” kata Kepala Badan Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata, saat seminar kolaborasi antara Pemerintah dan ormas di Aula Kantor Bupati setempat, Selasa (17/5/2022).

Dikatakannya, jika suatu daerah ingin maju, maka seluruh elemen harus bersatu. Elemen tersebut meliputi pemerintah, pengusaha, ormas dan juga media. “Jika bersatu, elemen itu bisa, sinergi dan berkolaborasi, negara kita tidak hanya maju, namun juga akan kuat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Agung Wisnu juga mengungkapkan bahwa saat ini banyak ormas atau LSM yang bertindak seperti penegak hukum. Seperti ada LSM yang bertindak melakukan pemeriksaan proyek ataupun memeriksa pihak tertentu yang tidak sesuai dengan kewenanganya.

“Ormas berdasarkan catatan di Kesbangpol Batang ada sekitar 55 ormas yang berbadan hukum. 169 ormas hanya mengantongi Sutat Keterangan Terdaftar (SKT),” tukasnya.