Wali Kota Pastikan Belum Ada Kasus Hepatitis Misterius

by
Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid

KOTA – Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid memastikan belum ditemukan kasus Hepatitis Misterius di Kota Pekalongan. Kasus yang kini masih merebak di sejumlah wilayah di Indonesia tersebut, tercatat sudah menjangkiti 18 pasien.

Wali Kota menyatakan bahwa di Kota Batik sampai saat ini belum ada laporan mengenai penyakit Hepatitis Misterius. “Alhamdulillah di Kota Pekalongan, Jawa Tengah belum ada laporan ditemukan kasus penyakit Hepatitis Akut Misterius itu,” ucap Wali Kota yang akrab disapa Aaf tersebut.

Menurutnya, hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit itu. Kendati demikian pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan agar terhindari dari penyakit. Memang penyakit itu menyerang secara tiba-tiba, dan berlangsung dalam jangka waktu yang singkat dengan menyerang anak-anak hingga bisa berujung kematian pada anak-anak.

“Oleh karena itu, kita harus tetap antisipasi karena berdasarkan informasi dari tenaga medis penyakit itu belum ada uji lab-nya dan masih misterius penyebabnya. Mudah-mudahan kita bisa jaga bersama agar kasus ini jangan sampai masuk ke Kota Pekalongan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Bendan dr Difayana mengungkapkan, memang belum ditemukan penyakit Hepatitis misterius di Kota Pekalongan. Disampaikan dr Difayana bahwa penularan penyakit Hepatitis misterius ini memang belum diketahui penyebabnya. Adapun gejala awal yang dialami pasien atau masyarakat yang menderita penyakit ini yakni mual, pusing, muntah, feses berwarna pucat,kulit menguning, dan demam tinggi.

“Belum ada uji laboratorium-nya juga, sehingga salah satu cara untuk mewaspadai penyakit itu yaitu adalah menjaga pola makan, dengan rajin mencuci tangan sebelum makan,” tandasnya.(nul)