KMP Kalibodri Tutup Sementara Jasa Angkut Ternak

by
TUTUP - Pelabuhan Kendal mengambil langkah antisipatif menutup sementara pengangkutan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing melalui mode tranportasi KMP Kalibodri.

*Antisipasi Merebaknya PMK

KENDAL – Merebaknya kasus penyakit kuku dan mulut (PMK) hewan ternak yang terjadi sejumlah daerah membuat Pelabuhan Kendal mengambil langkah antisipatif. Salah satunya dengan menutup sementara pengangkutan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing melalui mode tranportasi KMP Kalibodri.

“Untuk itu pengiriman hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau melalui Pelabuhan Kendal sementara ditutup,” kata Kepala UPTD Pelabuhan Kendal Andi Rahmat, Sabtu (14/5/2022).

Penutupan sementara ini mengacu kepada Surat Edaran Kepala Badan Karantina Pertanian Nomor 12950/kr.120/k/05/2022 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Kejadian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dikatakan Andi, selama ini setiap pemberangkatan KMP Kalibodri dari pelabuhan Kendal selalu mengangkut sapi atau kambing. “Dengan adanya Surat Edaran, pengiriman hewan sapi, kerbau dan kambing ditutup sementara. Tidak diperbolehkan setelah ada surat edaran pencegahan PMK,” ungkapnya.

Andi mengatakan, petugas melakukan pemeriksaan kepada armada angkutan yang akan diangkut KMP Kalibodri di Pelabuhan Kendal. Pengawasan dan pemantauan ketat dilakukan petugas, baik dari Balai Karantina yang ada di pelabuhan, juga dari kepolisian dan TNI AL serta ASDP. Setiap kendaraan armada yang akan masuk ke KMP Kalibodri diperiksa dan jika ditemukan mengangkut hewan ternak terpaksa dilarang terlebih dahulu.