Antisipasi PMK, Bhabinkamtibmas Cek Pusat Peternakan

by
MENGECEK - Bhabinkamtibmas Kelurahan Panjang Baru, Pekalongan Utara saat melakukan pengecekan ke kandang ternak milik warga di daerah binaannya, kemarin.

KOTA – Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan, jajaran Polres Pekalongan Kota melakukan berbagai upaya. Diantaranya melakukan pengecekan dan pendataan ke sejumlah peternakan maupun tempat penjualan hewan ternak.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi melalui Kasat Binmas AKP Bambang Slamet Koadi mengatakan pengecekan dilakukan oleh Bhabinkamtibmas di wilayah binaan masing-masing, dengan berkoordinasi dengan instansi terkait, dalam hal ini kalau di Kota Pekalongan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan.

“Kita melakukan pengecekan dan monitoring hewan ternak untuk pencegahan penularan Peyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) yang ada di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota,” kata Kasat Binmas, Senin (16/5/2022).

Masing-masing anggota Bhabinkamtibmas tersebut mendatangi setiap kandang ternak di wilayah binaan masing-masing, melakukan pendataan, kemudian melaporkan ke pimpinan dan mengkoordinasikan penanganan dengan dinas terkait apabila ditemukan hewan ternak yang terindikasi terjangkit PMK. “Kegiatan ini dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah masing-masing dan dilaporkan setiap hari ke pimpinan atas,” imbuh Bambang.

Pihaknya menambahkan masyarakat tidak perlu panik namun tetap waspada dengan adanya wabah PMK yang terjadi di beberapa wilayah. Disampaikan pula bahwa PMK pada hewan ternak tidak menular ke manusia, dan diimbau ke setiap warga yang memiliki hewan ternak untuk menjaga kebersihan kandangnya, menjaga kesehatan hewan ternak, dan melaporkan ke dinas peternakan maupun kepolisian apabila ada hewan ternak yang sakit sehingga bisa diambil langkah-langkah lanjutan.